Tunggu Sebentar ...

Selesai Juga Modul Tarif J*E

Ditulis oleh

Akhirnya selesai juga modul tarif J*E pada opencart. Sebenarnya sudah dari kemarin-kemarin, tapi yang bikin lama adalah mengolah datanya, karena saya dapatkan tarif j*e melalui google yang kebetulan ada yang ngeshare. Meskipun ada perbedaan harga tarifnya dengan harga yang di website j*e nya, tapi itu bisa diakali dengan perintah "UPDATE" pada mysql nya.

Saya ambil sekaligus 3 servis mereka, yaitu REG, YES, OKE. Maka, sebanyak 10 ribuan data yang saya harus olah dan teliti. Meski engga diinput satu-satu, tapi mapping datanya yang lumayan agak butuh konsentrasi. Pasalnya adalah, data kecamatan yang saya miliki dengan data kecamatan yang saya dapatkan di tabel tarif tersebut berbeda. Dari segi penamaannya berbeda menulisnya. Misalnya didata saya data kotanya Sumatera Utara, tetapi didata tarif yang saya dapatkan itu SumateraUtara. Dan data kecamatannya juga begitu, harusnya dipisah dua kata, tapi dijadikan satu kata. Itu yang buat mapping data jadi agak kendala. Karena dianggap berbeda itu jadi saya harus cek dulu. Lumayan menguras juga waktunya dan juga energi *ceile.

Begitu hasil modu J*E yang saya buat. Itu form untuk input datanya dan sekaligus form untuk ubah datanya. Disana terlihat ada penambahan juga "kecamatan", karena untuk standar opencart, kecamatan tidak ada. So, harus dibuatkan dulu modul kecamatan supaya bisa memanggil data kecamatan pada form-form yang dibutuhkan. Salah satunya form input tarif j*e ini. Kecamatan memang diperlukan untuk mendeteksi berapa harga tarif dari A ke B. Tentu juga berdasarkan jenis servisnya.

Efek dari tarif J*E ini bisa dilihat saat akhir order, disana akan dicek alamat lengkap si pembeli. Dari data kecamatan si pembeli maka bisa di cek berapa harga tarif untuk kecamatan tersebut.

Itu contoh form saat akhir order, saat pemilihan metode pengirimannya mau apa. Sebelumnya, si pembeli diharuskan dulu mengisi alamat pengirimannya kemana, darisitu maka bisa terdeteksi harga tarif berdasarkan servis nya. Tentu beda servis berbeda pula harganya.

Agak ribet memang saat penambahannya. Karena banyak yang harus ditambahkan. Dari segi modul kecamatan juga berimbas pada form-form pengisian data akun. Baik form register, form alamat tagihan, alamat tujuan pengirimannya, form input tarif. Dan lagi, tentu karena bertambah modul kecamatan, maka di table order databasenya pun bertambah pula fieldnya untuk mencatat kecamatan. Karena, seperti yang saya bilang tadi, opencart pada standarnya engga pake kecamatan.

Sebagian atau rata-rata orang mengakalinya dengan memanipulasi penempatan fieldnya. Maksudnya, harusnya diisi data list negara, tapi diisi data list propinsi, harusnya diisi propinsi tapi diisi data list kota, dst. Hal itu karena dibatasi saja pembelinya khusus dari indonesia saja berarti. Sedangkan saya sengaja lebih baik tambahkan field dan modul. Toh karena menurut saya sama ribetnya mengeditnya juga memanipulasi seperti itu. Harus edit laguange nya yang tadinya country jadi zone, dst. So, sekalian aja dibuatkan khusus modul kecamatan. Dan sekalian juga modul tarif J*E nya, karena kebanyakan olshop disini pake J*E. Apalagi request nya memang pake J*E. Nanti kalau request nya pake ekspedisi lain, ya beda lagi, lumayan bisa keisi kantong lagi kan ?

Gara-gara ini, saya jadi kepikiran pengen seriusin lagi buat themes ataupun modul di opencart. Dulu sempat mau, bahkan udah register jadi seller modul/themes opencart di situsnya. Tapi, karena saya lagi (sok) sibuk dengan kerjaan, dan menurut saya itu perlu penanganan khusus, takutnya ada kendala dari sisi installnya atau kendala lainnya dari si pembeli, sementara pas saya lagi (sok) sibuk, bisa berabe kan ? merasa tak dilayanin dengan baik, bisa-bisa dia ngomong yang engga-engga, so jadi saya tunda dulu.

Makanya, saya beralih ke desain kaos saja, karena begitu selesai desain, tinggal upload ke situs semacam redbubble, designbyhumans, teepublic atau yang versi indonesianya ada tees.co.id, dan udah ditinggalkan aja, nanti kalau ada yang beli, tak perlu saya yang bertindak, karena sudah ditanganin oleh si situs yang tempat saya upoad desainnya. Dan ada report ke email bahwa ada kaos yang laku dari hasil desain saya. Jadi saya bisa konsen dengan kerjaan utama

Ditumpuk didalam berkas : Catatan Belajar , Opencart
Yang berkomentar (4)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Selesai Juga Modul Tarif J*E"

galih
04-11-2015 00:20

gan..ane boleh minta backupin database kecamatanya gak gan?
ane tinggl btuh itu aja,database kecamatan gan buakn JNE,klo itu biar ane input sndiri,balas k email ane gan,kalo bayar ane musti bayar berapa untuk data base kecamatan itu,,thx

Komentar via web

Balas
Danni Moring
04-11-2015 00:30

data kecamatan itu berpengaruh juga dengan data kota/kabupaten, karena ada relasi nya.. id kota/kabupaten dipake di table kecamatan sebagai penanda kalau kecamatan A1 itu milik kota/kabupaten A... nanti saya uploadkan data kecamatannya

Komentar via web

Balas
jaya
03-10-2015 23:22

Ini untuk opencart versi berapa, jika boleh saya minta dong di email ke akhijaya_k3(at)yahoo(dot)co(dot)id . terimakasih..

Komentar via web

Balas
Danni Moring
04-10-2015 14:17

versi yang baru 2.0.3.1... itu utk request premium mas pas saya buatnya

Komentar via web

Balas


Mau dapat tambahan dollar dengan kemampuan desainmu ? ayo salurkan bakat desainmu dengan mengupload desain yang kamu buat dan bisa menghasilkan pendapatanmu jika desain kamu laku terjual di produk teepublic. Klik disini untuk register. Semoga sukses ya