Tunggu Sebentar ...

OCMOD - Opencart

Ditulis oleh

Seperti sebelumnya, saya pernah bilang ingin menulis tentang ocmod, tapi kali ini versi sederhananya. Hehehe maklum ya, karena keterbatasan ilmu yang ditahu aja . Kalau ditanya apa itu OCMOD, mmhh sebenarnya secara gampangnya itu begini, si opencart ini memberikan keleluasaan untuk developer-developer lainnya (selain developer opencartnya sendiri, maksudnya siapa aja bisa mendevelope opencart).

Oleh karena itu, setiap orang mempunyai kebutuhan masing-masing pada opencart. Karena, tidak semua tertampung di opencart. Misalnya, si client minta tambahkan ada pilihan kecamatan pada setiap form-form yang berhubungan dengan biodata ataupun alamat. Sementara, opencart memiliki standar hanya sampai pada province untuk pilihan select optionnya. Selanjutnya untuk penginputan city / kota, diinput via input biasa alias diketik. Dan tidak tersedianya kecamatan. Hal ini yang dibutuhkan untuk develope tambahan.

Kalau secara sederhananya, kadang-kadang orang ingin mengubah header di halaman admin, yang defaultnya itu adalah bertuliskan "opencart". Tapi sementara permintaan ingin diganti dengan judul memakai nama store nya.

Itu bisa diganti dengan OCMOD tanpa harus mengganti atau mengubah file utama dari opencartnya. Jadi, intinya, OCMOD itu adalah fasilitas dari opencart untuk developer-developer mengembangkan lebih lanjut opencart sesuai kebutuhan masing-masing tanpa mengubah code aslinya. Untuk mengubahnya dengan menggunakan XML yang formatnya sudah ditentukan pihak opencart. Bisa juga misalnya ada penambahan modul ataupun sql nya. Lengkapnya, bisa dilihat link yang saya tautkan pada paragap pertama. Atau kalau malas ngescroll keatas, ini saya kasih linknya lagi, klik disini untuk OCMOD.

Mungin postingan berikutnya (engga janji) tentang contoh sederhana menggunakan OCMOD, yaitu mengubah judul header di halaman adminnya.

Ditumpuk didalam berkas : Catatan Belajar , Opencart
Yang berkomentar (0)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "OCMOD - Opencart"


Mau dapat tambahan dollar dengan kemampuan desainmu ? ayo salurkan bakat desainmu dengan mengupload desain yang kamu buat dan bisa menghasilkan pendapatanmu jika desain kamu laku terjual di produk teepublic. Klik disini untuk register. Semoga sukses ya