Tunggu Sebentar ...

Mengambil Data IP Geolocation Dengan API

Ditulis oleh

Disini cuma memberitahu saja, bukan membuat catatan code atau contoh code untuk mengambil data gelocation dari IP yang didapat. Situs ip-api.com tersedia untuk mendapatkan data geolocation dari IP yang didapat. Jadi misalnya IP 123.45.6.7 itu negaranya apa, regionnya apa, sampai ISP yang digunakan. ISP - Internet Service Provider.

Disana, melalui dokumentasinya sudah sangat jelas sekali cara menggunakanya. Saya tahu ini dari sebuah grup di facebook yang awalnya ada yang menanyakan bagaimana mendapatkan gelocation dari IP. Sebagian memang ada untuk mendapatkan geolocation tidak free, alias bayar. Untuk ip-api.com ini free tapi tidak untuk commercial. Jika untuk commercial maka memakai yang pro service. Untuk lebih jelasnya silakan "piknik" ke situsnya, lihat dan baca penggunaannya.

Meski terkait data IP ini sangat akurat atau tidak, tentu menurut saya belum bisa dipastikan. Kadang saya lihat beberapa yang menampilkan data IP beserta lokasinya kurang pas, mis : untuk statistik blog ini menggunakan plugin statistik dari situs tertentu, yang mana nanti dipasangkan di blog ini buat mendeteksi siapa saja yang berkunjung. Lalu ditandai IP nya, nah di halaman dashboard situs statistik itu akan menampilkan data-data pengunjung berupa IP. Terkadang banyak juga yang salah dalam penempatan "kota" nya. Misalnya, saya di pamulang, tapi terdeteksi di depok.

Ditumpuk didalam berkas : Catatan Belajar , Belajar lain-lain
Yang berkomentar (6)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Mengambil Data IP Geolocation Dengan API"

FebriyanLukitoCom
26-11-2015 11:25

Ini sudah otomatis ya mas pas kita setting atau daftar yang minta lokasi gitu?

Komentar via web

Balas
Danni Moring
26-11-2015 11:37

sebenarnya itu ada API nya mas, jadi bisa kyk buat form sendiri untuk mengetahui geolocation dari IP tertentu...ada di dokomentasinya..tp klo saya pribadi sih utk IP engga begitu terlalu dipercaya untuk urusan kota dari IP tersebut..krn berdasarkan pengalaman kadang salah soal kota..jadi darisitu ya ga bgitu di yakinin aja..

Komentar via web

Balas
Dunia Ely
25-11-2015 20:50

Kalau dari Jerman kali sama saja ya Dann, dibilang dari kota c jebule dari kota Z

Komentar via web

Balas
Danni Moring
25-11-2015 21:59

iya mba sama aja...bahkan misalnya ip nya dinamis juga ga bisa dipastikan..pernah juga ip si A hari ini 123.456.789 nah besoknya ip tersebut dipake orang lain karena providernya sama dengan dia dalam satu wilayah juga..alhasil terkesan orang yang sama, padahal mah udah beda orang juga...

Komentar via web

Balas
Dani
25-11-2015 15:37

Jadi bisa tahu lokasi pengomen kita dengan relatif lebih akurat gitu ya? Huehehehe. Serem juga ya Mas.

Komentar via phone

Balas
Danni Moring
25-11-2015 15:42

sebenarnya statistik kyk histats atau statcounter juga bisa detek lokasi..tp kadang atau bahkan sering jg salah...

Komentar via web

Balas


Mau dapat tambahan dollar dengan kemampuan desainmu ? ayo salurkan bakat desainmu dengan mengupload desain yang kamu buat dan bisa menghasilkan pendapatanmu jika desain kamu laku terjual di produk teepublic. Klik disini untuk register. Semoga sukses ya