Tunggu Sebentar ...

Memasang Plugin Uploadcare Di Self Hosted Wordpress

Ditulis oleh

Seperti sebelumnya, saya pernah bilang kalau saya pake uploadcare untuk keperluan nampung gambar dipostingan saya, saat itu saya nemunya bukan untuk wordpress, tapi addon CKEDITOR. Dan ternyata ada juga untuk plugin di self hosted wordpress-nya. Jadilah saya coba aja memasangnya di wordpress khusus uji coba saya.

Untuk plugin di wordpress ini, settingnya ga begitu rumit, ga perlu bongkar code-nya. Cuma harus register terlebih dahulu di uploadcare.com nya. Lalu, nanti dikasih key untuk di masukkan di setting plugin uploadcare wordpress nya.

Install plugin uploadcare.com di self hosted wordpress

  1. Pada halaman dashboard, klik menu Plugins, klik Add New.
  2. Pada halaman Add new, ketik aja "upladcare" pada textbox search. Lalu tekan tombol search plugins. Nanti akan ditemukan hasil seperti gambar dibawah ini.


     
  3. Setelah ketemu plugin uploadcare-nya, silakan klik tombol Install Now, seperti pada gambar diatas. Setelah proses install, silakan aktifkan plugin yang baru saja di Install dengan cara klik tombol Activate Plugin, seperti gambar dibawah ini

Register di uploadcare.com
Sebelum kita mensetting plugin uploadcare di wordpress, kita harus memiliki Key, yang mana nanti diperlukan saat setting dan mengaktifkan uploadcare supaya bisa digunakan untuk upload di area penulisan. Untuk mendapatkan Key, kita harus register dulu di uploadcare.com

  1. Silakan ke website uploadcare.com, lalu register. Atau kalau mau lihat harganya silakan ke alamat ini https://uploadcare.com/pricing/.
  2. Dihalaman harga itu, pilih aja yang "Free". Perhatikan spek nya ya. Kalau itu dia memang dibatasi, storagenya 100 MB. Trafficnya dibatasi 1 GB, Upload per bulannya 100. Sisanya silakan lihat sendiri dihalaman harga itu. Atau kalau mau cepat langsung aja ke alamat ini untuk register https://uploadcare.com/accounts/create/plan-based/18/ (ini bukan affiliate atau sejenisnya).

 

Mendapatkan Key uploadcare.com
Setelah register dan login, akan masuk kehalaman dashboard uploadcare.com-nya.

  1. Dihalaman dashboard uploadcare.com klik New Project, seperti dibawah ini.

     
  2. Masukkan nama project, lalu klik tombol "CREATE", seperti dibawah ini :


     
  3. Setelah itu nanti akan di arahkah ke halaman project yang barusan dibuat. Nanti dihalaman itu ada Key dan Secret Key. Untuk Key nya, sudah terpampang kodenya, tetapi untuk Secret Key nya, untuk melihat kode Secret nya, silakan klik "Show Key". Seperti dibawah ini :

     

Setting Plugin Uploadcare di Wordpress
Setelah dapat Key dan Secret Key-nya, lalu masukkan keduanya itu ke setting plugin uploadcare di wordpress.

  1. Pada dashboard wordpress, klik menu "Settings" pilih submenu "Uploadcare".


     
  2. Dihalaman Uploadcare di wordpress, masukkan Key dan Secret Key nya.



    Tekan tombol Save Changes jika Key dan Secret nya sudah dimasukkan.
     

Tes upload di postingan lewat uploadcare

  1. Kehalaman postingan, lalu lihat tombol upload versi uploadcare. Ada bulat warna kuning disamping tulisan "Add Media"




     

Catatan : ini versi Free dari uploadare. Namun perlu diingat, fasilitas ini dibatasi, yaitu per akun itu dijatahkan 100 MB, dan traffic dijatahkan 1 GB.

Sebelum upload gambar, ada baiknya untuk compress gambar tersebut. Karena gambar hasil kompres-an akan lebih kecil kapasitas filenya, ini menguntungkan jatah kapasitas di uploadcare tidak begitu termakan, dan juga menguntung dari sisi blog kita, karena semakin besar file yang di load saat blog tersebut diakses, maka semakin lama waktu nge-load blog tersebut.

Tidak ada yang benar-benar gratis dan cuma-cuma di dunia ini, meskipun tertuliskan "free" tetap harus dibayar, yaitu dibayar dengan keterbatasan fasilitas. Semakin ingin lebih yang didapat, maka semakin lebih juga yang harus dibayarkan.

Ditumpuk didalam berkas : Blogging
Yang berkomentar (2)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Memasang Plugin Uploadcare Di Self Hosted Wordpress"

Dunia Ely
03-08-2014 02:41

Ditempatku kayaknya nggak ada batasannya ya Dann

Komentar via web

Balas
Danni Moring
03-08-2014 12:48

iya mba, mba kan gede itu 15GB, lumayan banget itu...hehehe

Komentar via web

Balas


Mau dapat tambahan dollar dengan kemampuan desainmu ? ayo salurkan bakat desainmu dengan mengupload desain yang kamu buat dan bisa menghasilkan pendapatanmu jika desain kamu laku terjual di produk teepublic. Klik disini untuk register. Semoga sukses ya