Tunggu Sebentar ...

Install Opencart Di Localhost

Ditulis oleh

Opencart adalah salah satu CMS yang berbasiskan web ecommerce, fungsinya sudah tentu diperuntukkan web penjualan. Terdapat katalog produk beserta kategori nya yang akan diinput oleh admin untuk keperluan penjualan produknya. Untuk mendownload opencart, silahkan ke situs nya disini. Ada berbagai macam themes yang tersedia, dari yang gratis  sampai yang berbayar. Juga termasuk modul-modul / widget yang mendukung untuk keperluan penjualan.

Install Opencart

  • Dibutuhkan hal yang pertama adalah webserver. Bisa gunakan xamp, wamp, ataupun lainnya. Atau jika tidak mau repot gunakan webserver yang portabel, saya rasa untuk opencart sudah cukup pake webserver portabel, misalnya USBWebserver atau Mowes. Adapun kebutuhan untuk opencart adalah
    • Web Server (preferably Apache)
    • PHP (at least 5.2)
    • MySQL
    • Curl
  • Setelah di download opencart tadi, silahkan buka browsernya. Ketikkan alamat tempat letak folder opencart tadi. Tentunya di dalam folder webserver ya. Misalnya pake xamp, maka diletakkan di htdocs nya. Saya contohkan pake USBWebserver.
  • Karena saya memakai USBWebserver dalam hal ini, maka alamat localhost agak sedikit berbeda, karena akan ada tambahan embel-embel port nya, yaitu menjadi "localhost:8080/namafolder".
  • "http://localhost:8080/contohopencart/" <- sesuai hasil extract dari folder opencart yang di kompress dengan "rar". Akan otomatis ke halaman install jika belum terinstall opencart, "http://localhost:8080/contohopencart/install/index.php". Saya menggunakan opencart versi 1.5.6

  • Pada step 1 - license, centang / check list "I agree to the lisence", lalu tekan tombol "Continue". Nanti akan di arahkan/redirect ke step 2 - Pre-Installation.

  • Ups, ada missing saat langkah 3 di Step 2 - Pre-Installation. Ini disebabkan oleh file config.php di folder admin dan folder opencart nya tidak ada. Kok bisa? Ya, karena saat download dari opencart, file config.php memang tidak ada, yang ada yaitu file "config-dist.php". Baik di root nya ataupun di folder adminnya. Dalam hal ini config-dist itu berada di folder "C:\serverprojectku\root\contohopencart" dan folder "C:\serverprojectku\root\contohopencart\admin".

  • Diubah saja file config-dist.php, menjadi config.php. Lalu refresh browser tadi (pada step - 2 Pre-Installation) dan tekan tombol "Continue".
  • Setelah itu akan diredirect/arahkan ke Step 3 - Configuration. Halaman ini untuk memasukkan konfigurasi database dan username untuk keperluan login halaman admin. Masukkan setting database sesuai masing-masing, dan juga untuk username,password, email, masukkan sesuai masing-masing juga.

  • Pada gambar diatas,  terdapat "Database Prefix". Gantilah sesuai yang diinginkan, saran saya sih ganti, jangan mengikuti default nya opencart, yaitu "oc_". Bisa misalnya "xyz_" atau sesuka hati. Itu untuk penamaan tabel. Setelah terisi semua, tekan tombol "Continue". Akan di arahkan halaman Step 4 - Finished.

  • Dihalaman itu, menunjukkan proses instalasi telah selesai. Hapus atau ganti nama folder "Installation".
  • Untuk mengakses halaman admin, 'localhost:8080/contohopencart/admin' sedangkan halaman katalog produk nya di localhost:8080/contohopencart. Untuk alamat, sesuai masing-masing.

Nah hasil yang sudah di modif mungkin bisa seperti ini, ini saya buat waktu versi 1.5.1.3 kalau tidak salah, sekitar tahun 2011. Entah masih bisa diakses atau tidak, ini alamatnya disini

Ini hanya sekedar catatan dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf. Sebenarnya mau tadi malam di postingkan ini, tetapi karena ada kendala, maka tulisan ini hilang ditelan koneksi dan kelemahan blog yang masih abal-abal ini. Maka itu, saya nulis ulang kembali dari awal

Ditumpuk didalam berkas : Catatan Belajar , Belajar lain-lain , Opencart
Yang berkomentar (0)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Install Opencart Di Localhost"


Mau dapat tambahan dollar dengan kemampuan desainmu ? ayo salurkan bakat desainmu dengan mengupload desain yang kamu buat dan bisa menghasilkan pendapatanmu jika desain kamu laku terjual di produk teepublic. Klik disini untuk register. Semoga sukses ya