Tunggu Sebentar ...

Tempat Cuci Dan Scan Roll Film 2019 Part 1

Ditulis oleh

Karena belakangan saya lagi suka foto analog, maka saya coba cari tempat cuci roll film di dekat rumah saya. Tapi sayangnya sampai sekarang saya belum nemu. Yang ada justru di tempat yang jauh dari rumah saya. Tapi ternyata untungnya dimudahkan bisa transaksi via online. Berikut daftar tempat cuci dan scan rol film :

1. Seni Abadi. Lokasinya di Bandung. IG nya : @snap_bandung

Untuk hasilnya, waktu saya coba, memerlukan kurang lebih 24 jam untuk hasil foto digitalnya. Prosedurnya, kita kirim dulu roll film-nya ke alamat mereka, lalu setelah kirim, konfirmasikan ke mereka no resi pengiriman roll film kita. Nanti, mereka akan konfirmasi kembali ke kita. Lalu setelah itu kita transaksi via tokopedia. Nanti hasil foto digitalnya diupload ke google drive, tapi waktu itu saya sempat ditawarin mau dikirim via CD sekalian hasil roll film-nya atau diupload di google drive. Dan saya lebih memilih ke google drive.

2. Lab Rana Jakarta. Lokasi di Jakarta, Kemang. IG nya : @labranajakarta

Untuk labrana ini saya sudah 2 kali cuci dan scan disana. Hasinya, yang pertama kali saya coba cuci dan scan di sana memerlukan waktu sekitar 1 jam. Oya, ini saya via online juga ya. Jadi bukan saya yang datang ke tempatnya, tapi kalau mau datang ketempatnya juga bisa. Saya kirim dulu roll film-nya ke mereka, beserta biaya cuci dan scannya + ongkir kirim balik hasil roll film-nya dalam bentuk cash. Untuk lebih detailnya mendingan tanya ke akun mereka.

Nah, untuk yang kedua kalinya memang agak lama hasilnya dari dari yang pertama, tercatat di kurir paket roll saya sampe di labrana jam 11an pagi menjelang siang, nah sedangkan hasil foto digitalnya tengah malam baru dikirim ke saya via google drive, kalau ini kemungkinan pas roll film saya sampe ke lab-nya, saat itu ada acara lowlight bazar, bisa jadi lagi pada konsen ke acara tersebut, atau kemungkinan ada kendala di Internet-nya, karena sebelumnya, beberapa hari sebelum saya kirim roll film saya ke mereka, ada pengunguman dari mereka bahwa ada perbaikan kabel internet di jalan dekat tempat mereka, jadi ada kendala di Internet mereka untuk pengiriman hasil foto digitalnya via google drive.

3. Lapan Film Lab, lokasi di Bandung. IG nya : @lapanfilmlab

Kalau saya baru sekali cuci dan scan di tempat ini. Karena kebetulan roll film saya memerlukan proses ECN-2. Yang kebetulan juga saya juga memakai roll film dari mereka, yaitu lapan c200.

Untuk proses transaksinya, hampir sama, yaitu saya kirim dulu ke alamat mereka, lalu konfirmasikan ke mereka kalau saya kirim roll film untuk dicuci dan scan. Nah karena cuci filmnya memakai proses ECN-2, jadi memerlukan waktu yang agak lebih lama dari proses C-41 (Roll yang pada umumnya seperti Kodak Color Plus 200, FujiColor 200, dll). Waktu itu saya butuh waktu 7 hari, dihitung dari paket roll saya sampe di lab mereka.

Transaksi pembayarannya via tokopedia. Pembayaran dilakukan setelah cuci dan scannya selesai. Nanti dihubungi sama mereka untuk menyelesaikan pembayaran dengan mengirimkan link tokopedia mereka.

Nah untuk sementara, 3 tempat itu yang sudah saya pernah coba untuk cuci dan scan roll film saya. Hasilnya bisa dilihat di Instagram saya https://www.instagram.com/dannimoring/

Ditumpuk didalam berkas : Hobi
Yang berkomentar (0)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Tempat Cuci Dan Scan Roll Film 2019 Part 1"


Mau dapat tambahan dollar dengan kemampuan desainmu ? ayo salurkan bakat desainmu dengan mengupload desain yang kamu buat dan bisa menghasilkan pendapatanmu jika desain kamu laku terjual di produk teepublic. Klik disini untuk register. Semoga sukses ya