Tunggu Sebentar ...

Suasana Ramadhan

Ditulis oleh

Alhamdulillah, sekarang puasa memasuki hari ke-7 ya ? mudah-mudahan diberi kesehatan buat kita semua supaya bisa lebih greget lagi jalanin ibadahnya masing-masing. Bicara ramadhan, kali ini memang ada 3 suasana yang sedang gembar gembornya. Ya apalagi kalau bukan : kampanye pilpres 2014, piala dunia, dan ramadhan itu sendiri.

Jujur aja, kali ini saya rasa ramadhan agak sepi, setidaknya ditempat saya ya. Kalau dibandingkan dengan masa SMP, beda jauh banget. Apalagi kalau dibandingkan saat saya waktu SD (di Medan), itu tambah jauh banget. Tapi, terlihat sepi ini bukan tahun ini aja sih, tahun-tahun sebelumnya juga sudah mulai terlihat. Misalnya, suara mercon. Engga dipungkiri ya, terlepas dari dilarangnya mercon itu, dan juga mengganggu suara "bising"nya bagi orang yang sedang istirahat, tapi sisi lain mercon kayak ciptakan suasana happy pas puasa. Terasa beda auranya — menurut saya.

Sudah mau jalan ke -7, mercon disini udah hampir ga ada. Ada sih 2 kali bunyi, dan itu juga bikin kesal . Soalnya bunyinya pas didepan rumah saya. Dan orangnya itu naik motor, herannya kayak berhenti cuma mau bunyiin merconnya pas didepan rumah. Lalu kabur gitu aja. Awalnya saya kira suara kenalpotnya yang meledak.

Memang sih, beberapa tahun lalu juga, gara-gara mercon jadi berhujung tawuran. Bahkan sampe nelan korban jiwa. Mudah-mudahan aja ramadhan ini ga ada tawuran-tawuran deh.

Nah, satu lagi biasa yang sering saya amati. Waktu jaman SMP itu, banyak orang yang lewat pas didepan rumah saya, bawa sajadah, ya apalagi kalau bukan mau teraweh. Nah sekarang itu hampir ga ada. Ini karena pembangunan masjid dan musholla sudah lebih banyak dibandingkan dulu. Misalnya, didekat rumahnya dulu ga ada musholla, sekarang udah ada. Jadinya, dia ga sholat di masjid yang biasa dulu dia sholat, karena memang masjidnya agak jauh. Kalau di musholla barunya, tinggal jalan sebentar juga udah sampe.

Jadi ngerasa aja kehilangan suasana dulu. Beda lagi kalau dibandingkan waktu saya SD. Itu hampir tiap hari pasti rame. Entah bapak-bapak, ibu-ibu, atau anak-anaknya rame. Ya walaupun anak-anaknya jatuhnya cuma nongkrong beli makanan dekat masjid/musholla sambil ngalungin sarungnya. Tapi, tetap terasa susana ramadhannya. Apalagi dalam urusan membangunkan sahur. Disini sepi.

Nah beda lagi kalau suasana ramadhan di sosial media. Di facebook saya justru lagi semarak itu ya masih kampanye pilpres. Masih sangat hot untuk topik ini. Sampai pusing kadang kalau lihat facebook. Makanya malas jadinya buka facebook. Ada beberapa teman saya sampai buat status yang intinya itu pengen cepat - cepat tanggal 9 Juli, biar ga ada lagi yang posting status kampanye-kampanye yang kebanyakan berhujung dengan debat kusir .

Gimana suasana ramadhanmu disana ? terasa meriah kah ?


Photo bareng kaka saya, mmhh lupa umur berapa

 

Ditumpuk didalam berkas : Berkicau
Yang berkomentar (16)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Suasana Ramadhan"

sukasukakeii
06-07-2014 11:20

hmmm di sini biasa aja sih kak... lebih enak d desa lebih tentram rasanya *tsah..
soalnya kl d desa musholla deket rumah mbah..trus ga jauh dari sana juga ada masjid... dan kalo sahur ada suara kentongan y bangunin sahur...
beda bngt lah ma dulu...

Komentar via web

Balas
Danni Moring
06-07-2014 15:17

klo dulu gimana mangnya kei ?

klo ditempatku dulu juga rame bangunin sahurnya..jadi terasa beda suasana nya

Komentar via web

Balas
Beby
06-07-2014 00:35

Kalo di daerah rumah ku alhamdulillah masih rame, Bang.. Mercon di mana-mana.. Wkwkwk.. Mungkin karena di sana kota ya? Jadi banyakan yang mulai mudik.. *mudik kok awal ramadhan*

Btw, cakep banget anak kecil cowok di foto itu.. *ngga mau bilang kalok itu Abang*

Komentar via web

Balas
Danni Moring
06-07-2014 03:04

hahhahahha...iya kangen susana medan euy..terasa beda antara ramadhan, lebaran, dan hari biasa ...

hehehe emang cakep tuh anak kecil ya

Komentar via web

Balas
Beby
07-07-2014 01:40

Makanya ke Medan lagi lah, Bang..

Jyaaaah.. Langsung deh muji-muji.. Wakakakakk..

Komentar via web

Balas
Danni Moring
07-07-2014 01:45

ehhehe iya nih kapan2 pengen ke medan lagi deh...

Komentar via web

Balas
rinagahayu
05-07-2014 18:46

yaps, trs mengganggu ketertiban umum jg...#bikinjantungmwcopot..hehe,lebayyy

Komentar via web

Balas
Danni Moring
05-07-2014 19:15

hehehe bikin jantung mau copot, kyk jatuh cinta ya rin? hehe

Komentar via web

Balas
rinagahayu
05-07-2014 20:39

kasih tau gk yaa???hehe

ciee2...yg jatuh cintaa...

drpd jatuh cinta, ntar sakit...bh baik bangun cinta ktnya k dan...wkwkwk

Komentar via web

Balas
Danni Moring
05-07-2014 20:42

heheheheh itu judul lagi kyknya ya rin ?
klo kata si afgan mah jodoh pasti bertemu rin ...

Komentar via web

Balas
rinagahayu
05-07-2014 20:52

wah, kak danni update nasyid nih..hahaha

y kyk nasyidnya maidany itu kak, "jangan jatuh cinta tp bangun cinta" judulnya...hee

siiip kak musti totalitas dan maksimal...hihii #apaan sih,he

Komentar via web

Balas
Danni Moring
05-07-2014 20:58

hehehhehe iya lagi suka lagu nasyid..
cieee totalitas dan maksimal hehehe..

mudah2an puasanya lancar rin dan berkah

Komentar via web

Balas
rinagahayu
05-07-2014 21:04

iya, sama2 k dan...

apanya yg maksimal dn totalitas yak? apa ajaa deh...hehehe

Komentar via web

Balas
Danni Moring
05-07-2014 21:05

puasa dan ibadahnya dong hehehhee.. aamiin

Komentar via web

Balas
rinagahayu
05-07-2014 07:00

disini jg pagi2 abis subuhan udah pd byk bgt anak2 yg ngidupin mercon kak...lumayan rame bgt diawal2 puasa kmrn...tp, tetep aja sampah petasannya itu lho, bertebaran dimana2..hee,bikin jalanan gk nyaman diliyat jdnyaaa.>,<

Komentar via web

Balas
Danni Moring
05-07-2014 13:45

hehhe..klo disini ga ada suara mercon , cuma 2x aja waktu itu..
iya memang klo habis main mercon ya sampahnya itu bikin kotor ya..

Komentar via web

Balas