Tunggu Sebentar ...

SEO URL Di Opencart #Part-3

Ditulis oleh

SEO URL Di Opencart #Part-3. Tulisan ini adalah lanjutan dari SEO URL Di Opencart #Part-1 dan SEO URL Di Opencart #Part-2. Untuk itu supaya tidak bingung, maka baca terlebih dahulu tulisan part 1 dan 2 nya. Jika part 1 tentang htaccess-nya, dan part 2 tentang menyeting untuk mengaktifkan seo url dari halaman admin. Tulisan ini tentang menggunakan seo url dari sisi detail produk-nya.

3. SEO URL dari input / edit product

Nah setelah mengaktifkan htaccess atau mengubah htaccess text document menjadi file .htaccess sebenarnya, dan juga sudah menyeting atau mengaktifkan seo urls di halaman setting, maka selanjutnya dengan mengisi form seo url pada input ataupun edit product. Pada tulisan ini saya dari edit product yang udah ada aja. Dari contoh bawaan opencart.

- Produk yang saya edit adalah produk contoh bawaan opencart yaitu, "Apple Cinema 30"" . Seperti gambar dibawah ini :

- Setelah klik tombol edit yang bericon pensil, maka akan tampil form edit produk tersebut. Dihalaman form edit produk, klik tab "Data" seperti gambar dibawah ini :

- Dihalaman tab "Data", coba srcoll kebawah, dan cari form pengisian "SEO URL", seperti gambar dibawah ini :

Pada gambar diatas, saya beri nama seo url-nya "apple-cinema". Perlu diketahui aturan pengisian seo url nya "jangan gunakan spasi untuk seo url yang menggunakan 2 kata atau lebih, jika memang menggunakan lebih dari 1 kata, maka gunakan tanda strip ( - ) untuk memisahkan antar kata". Atau klik aja tanda tombol yang bericon "tanda tanya" di form pengisian seo url-nya.

- Setelah mengisi penamaan untuk seo url di produk, klik tombol save. Lalu check di halaman store depannya. Pada halaman etalase katalog produk di halaman depan, coba klik produk Apple Cinema 30".

- Jika berhasil, ketika klik produk yang di lingkari warna merah pada gambar diatas, maka akan di arahkan halaman detail produk tersebut dengan url yang sudah diberi nama seo url-nya. Seperti contoh diatas, karena contoh dipakai adalah produk Apple Cinema 30", maka yang di klik Apple Cinema 30". Link akan tampil adalah http://localhost:8080/oc2102/apple-cinema. Karena saya mencontohkannya dari localhost / bukan dihosting, maka urlnya seperti tadi.

 

Selesai untuk tulisan tentang SEO URL di Opencart.

Nb : Untuk opencart yang saya pakai adalah opencart versi 2.1.0.2

Ditumpuk didalam berkas : Opencart
Yang berkomentar (2)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "SEO URL Di Opencart #Part-3"

Dunia Ely
03-04-2016 12:11

Wah .. aku nyimak saja ya Dann

Btw, apa kabar?

Komentar via web

Balas
Danni Moring
03-04-2016 13:18

wahhh...ada mba ely....alhamdulillah kabarku baik..

Komentar via web

Balas