Tunggu Sebentar ...

Salam Tempel

Ditulis oleh

Salam tempel adalah ciri khas lebaran di Indonesia — barang kali, entah dinegara lain. Hampir semua tempat mungkin kenal dengan istilah "salam tempel". Ini nih yang ditunggu anak-anak kalau lebaran. Bukan soal berapa yang didapat, tapi kayak udah jadi kebiasaan — mungkin. Mau dapat sedikitpun tetap aja senangnya bukan main.

Saya dulu pernah tinggal di Medan. Disana saya pernah tinggal di kotanya dan juga pernah tinggal di tempat yang jauh dari kota — waktu itu, mungkin sekarang sudah rame juga rumah-rumah. Waktu saya tinggal dikotanya, juga rame waktu lebaran. Anak-anak habis sholat selalu main-main dengan riang gembira. Terus nyicipin kue-kue, berbagi sesama tetangganya.

Nah beda lagi saat saya pindah ke tempat yang jauh dari kota waktu itu. Ternyata punya tradisi khusus untuk anak-anaknya sendiri. Jadi, anak-anak punya jadwal khusus untuk mengunjungi tetangga-tetangga. Beda waktu saya tinggal di kota, berkunjung silaturahminya bareng orang tua.

Habis Sholat Ied, anak-anak mulai janjian tuh mau rumah siapa dulu yang pertama didatangi. Sekalian datang, sekalian nyusul temannya buat keliling lagi dari rumah ke rumah. Karena saya kaget belum terbiasa tradisi itu, jadi saya agak bingung.

Nah giliran antri buat salaman dengan orang tua teman kami (rumah yang kami kunjungi).  Karena ini pertama kali saya, jadinyalah saya bingung nanti bakalan ngucapin apa ya ? Yang lain pada rebutan pertama antrian. Justru, saya sendiri yang pengen paling belakang. Aneh ya . Sebenarnya saya pengen niru, mereka itu ngomong apa pas sambil salam cium tangan, kok mulutnya komat kamit gitu.

Tibalah giliran saya, nah saya keringat dingin, bingung mau ngomong apaan. Entah kenapa saya punya ide, jadinya saya ngomong aja begini "weswewesweswes ya bu". Pas saat "weswesweswes" nya saya agak pelankan, nah pas "ya bu" nya saya kencangkan . Begitu juga pas saya salami orang tua laki-laki dari teman saya ini (rumah yang saya kunjungi). Cuma ganti belakangnya doang "ya pak".

Terus habis itu dapat deh salam tempel. Dalam hati saya "tuh mereka ga tahu klo aku tadi bilang ya wes wes wes aja". Dari rumah ke rumah saya cuma bilang "wes wes wes wes" cuma bedain akhirannya aja "ya bu" atau "ya pak".

Dah capek keliling, akhirnya saya tanya ke teman saya kalau mereka itu pada ngomong apa pas cium tangan itu. . Ketika teman saya ngasih tahu, saya sok bilang "oh sama kita", padahal saya dari tadi cuma "weswesweswes". Sejak tahu itu, saya jadi niru apa yang teman saya bilang "Selamat hari raya ya bu, maaf lahir batin" Hahahaha.

Malu bertanya, sok kreatif yang datang eh malu sendiri ding

 

Ditumpuk didalam berkas : Berkicau , Jadul
Yang berkomentar (15)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Salam Tempel"

Beby
25-07-2014 11:49

Wakakakakkk.. Bang Danni kocak

Komentar via web

Balas
Danni Moring
25-07-2014 16:26

kocak atau kaku nih? hehe

Komentar via web

Balas
Anis Lotus
25-07-2014 00:45

Hahhahahah... haduh ngakak baca ini...
jadi keinget waktu pertama kali belajar solat, ngga tau apa yang dibaca ya pake mantra wesewesewes itu...

Komentar via web

Balas
Danni Moring
25-07-2014 00:50

hehehhehe sama...klo sholat mulutnya komat kamit doang dulu...soalnya belum tahu..itu masih kecil bgt..hehe

Komentar via web

Balas
Bangkoor
24-07-2014 09:51

Hoho.. aku dulu kok malah nggak pernah nungguin salam tempel ya mas? Beda budaya kali yah. Aku dulu sama temen-temen emang suka jalan jauh kalo lebaran. Ngunjungin rumah-rumah orang, nggak peduli kenal atau nggak, yang penting kunjung aja. Harapannya cuma makanan dan minuman suguhannya. HEhe..

Komentar via web

Balas
Danni Moring
24-07-2014 16:59

iya sama mas...ngunjungi tetangga2...kadang malah ga kenal juga..tp ya gitu tradisinya pasti ngunjungi..klo soal salam tempel..hahha mungkin krn anak2..tp ga soal berapa besarnya..

Komentar via web

Balas
rina gahayu
24-07-2014 09:19

*ketawa geli bacanya...hahahaha

Komentar via web

Balas
Danni Moring
24-07-2014 09:26

ketawa geli kenapa mangnya ?

Komentar via web

Balas
rina gahayu
24-07-2014 11:18

ada mantra mbah dukun...wkwkwkwk

Komentar via web

Balas
Danni Moring
24-07-2014 17:00

ada mbah dukun..yang sedang ngobatin pasiennya...#malah nanyi

Komentar via web

Balas
rina gahayu
25-07-2014 14:02

mending ke dokter lgsg kk...
ntar dijampi2 "wesweswes" #yowess

Komentar via web

Balas
Danni Moring
25-07-2014 16:32

hehehehe ya klo bisa sih jangan sampe ke dokter...sakit kan ga enak rasanya hehe

Komentar via web

Balas
rina gahayu
25-07-2014 16:46

setuju...

Komentar via web

Balas
Dunia Ely
24-07-2014 03:40

Hihihi ... bohong nii yee

Sekarang dah siap siap ngasih salam tempel donk

Komentar via web

Balas
Danni Moring
24-07-2014 03:50

hahahhaha iya mba, bohong demi gengsi waktu kecil itu

ya gitulah...klo skrg ini pasti ditodong ama anak kecil hahaha

Komentar via web

Balas