Tunggu Sebentar ...

Rencana Jalan-jalan

Ditulis oleh

Jenuh melihat code sepertinya saya harus buat rencana untuk jalan-jalan sebagai penyegaran otak. Ada keinginan jalan-jalan ke wilayah Indonesia. Berawal dari Indonesia bagian timur terlebih dahulu. Alam timur Indonesia memang dikenal masih sangat alami. Keindahannya terbilang jauh dari campur tangan manusia. Ada banyak manfaat yang disuguhkan alam lewat pantai, gunung, atau hutannya. Salah satunya agar manusia meyakini dan mensyukuri kekuasaan-Nya.


Bpkp.go.id

Ada banyak wisata alam Indonesia di bagian timur yang meminta untuk kita datangi. Wisata alam yang memungkinkan kita menyusuri hutan di pedalaman Papua atau bermain di berbagai pantai yang ada di Maluku.

Untuk dapat menyaksikan sendiri keindahan alam timur Indonesia, satu-satunya transportasi yang bisa digunakan adalah transportasi udara. Kita bisa menggunakan pesawat Sriwijaya air dengan memesannya lewat situs traveloka. Karena lewat situs terebut, kita bisa mendapatkan harga tiket pesawat Sriwijaya Air termurah.

Daerah mana saja yang bisa didatangi di bagian Timur Indonesia? Berikut beberapa daerah di Timur yang ingin saya nikmati keindahan alamnya:

1. Maluku, Gunung Gamalama


bolehtanya.com

Terletak di Pulau Ternate, Maluku Utara, Gunung Gamalama adalah gunung berapi yang selalu dicintai masyarakatnya. Banyak mitos mengenai Gunung indah ini, sehingga masyarakat Ternate sangat menghormatinya.

Sakralnya Gunung Gamalam bagi masyarakat Ternate, dibuktikan dengan ritual Kololi Lae yang dilakukan setiap bulan April, setahun sekali. Saat itu masyarakat akan mengelilingi Gunung Gamalama sambil memanjatkan do’a untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan.

Untuk menimati keindahan Gunung Gamalama ini, konon katanya kita bisa mengitari kaki gunungnya. Di sana, banyak tersaji objek wisata pantai yang indah dan berbagai tempat wisata peninggalan sejarah. Salah satu objek wisata yang bisa dikunjungi adalah Batu Angus, yaitu larva membeku bekas letusan Gunung Gamalama ratusan tahun lalu.

Selain Batu Angus, di sekitar Gunung Gamalama terdapat danau yang dapat kita singgahi, yaitu Danau Tolire. Keindahan Danau Tolire pun tak jauh dari cerita-cerita mitos masyarakat Ternate.  

2. Maluku, Pantai Sulamadaha


gambarawisata.com

Satu lagi tempat wisata di Ternate, Maluku Utara yang harus saya atau teman-teman kunjungi, yaitu Pantai Sulamadaha. Walau banyak wisata pantai yang ditawarkan Ternate, Pantai Sulamadaha tetap menjadi primadonanya. Keistimewaan dari pantai ini adalah air lautnya yang sebening kaca.

Mengunjungi Pantai Sulamadaha, kita akan dibuat kagum dengan kejernihan air lautnya. Dasar lautnya yang ditumbuhi beragam batu karang ini dapat dilihat tanpa menggunakan alat bantu apapun. Bahkan jika perahu sedang mengantar wisatawan menyusuri pantai ini, perahu sekan terlihat terbang melayang.

Selain menggunakan perahu, keindahan pantai kaca ini juga bisa dinikmati saat snorkeling dan diving. Namun jika ingin diving kita harus membawa peralatan diving sendiri, atau menyewa peralatan di pusat kota Ternate karena belum ada dive centre di sana. Bagi saya atau teman-teman yang tidak bisa diving atau snorkeling, jangan khawatir, di sana kita bisa menyewa perahu sampan untuk menyusuri laut, atau menyewa pelampung untuk berenang di air jernihnya.

3. Papua, Pegunungan Arfak

Satu lagi keindahan yang disuguhkan Papua, yaitu pegunungan Arfak, terletak di Manokwari, Papua Barat. Pegunungan ini menawarkan keindahan yang eksotis. Pegunungan Arfa menawarkan danau yang tenang, hamparan hutan hijau, pegunungan yang menjulang, dan kehidupan pedesaan yang masih tradisional.

Salah satu keindahan yang bisa ingin saya nikmati di Pegunungan Arfak adalah Danau Anggi. Danau Anggi sendiri adalah danau indah yang terdiri dari dua danau besar. Untuk mengakses danau itu, menurut informasi yang saya dapatkan, membutuhkan perjalanan sekitar 3-4 dari pusat kota menggunakan mobil off-road. Wuih-Wuih. Seru sepertinya.

Selama perjalanan, kita akan melewati medan yang cukup berat. Jalan yang belum diaspal dan beberapa aliran sungai yang harus dilewati adalah tantangan sendiri untuk mencapai Danau Anggi.

Sesampainya di Danau Anggi, akan disambut oleh penduduk setempat yang sebagian besar adalah suku asli Arfak. Di sana, kita dapat secara langsung melihat kehidupan suku pedalaman yang masih tradisional.

Selain melihat suku Arfak, kita juga dapat menikmati panorama alam yang sejuk, deretan pepohonan hutan, danau yang sangat tenang, dan hewan-hewan yang hidup di sekitarnya.

4. Papua, Pulau Um

Wisata alam Timur Indonesia berlanjut ke Papua. Dikenal dengan negara seribu pulau, Indonesia menyimpan kekayaan dan keindahan alam dari pulau-pulaunya. Salah satu daerah yang menyimpan banyak pulau cantik adalah Papua. Dan pulau cantik di Papua salah satunya dalah Pulau Um.

Pulau Um sendiri berada di kawasan Teluk Dore, Distrik Makbon, Malamoi, Sorong, Papua Barat. Untuk dapat mengakses pulau itu, menurut informasi lagi nih, kita harus menyebrang menggunakan kapal lalu dilanjutkan dengan speed boat. Walau perjalanan menuju pulau Um cukup jauh, di sepanjang perjalanan  akan disuguhi pemandangan laut Papua yang sangat indah. Sepertinya tidak akan merasa bosan.

Jaraknya yang jauh menjadikan Pulau Um sebagai Syurga yang tersembunyi karena belum banyak wisatawan yang datang. Berkunjungi ke Pulau Um seakan berkunjung ke pulau pribadi. Di sana kita bisa berenang dan berjemur di pantai, juga menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan snorkeling atau diving.

Menarik ya? Keindahan alam Indonesia di wilayah Timur memang tak bisa tergantikan, so kayaknya saya harus segera buat rencana mengunjunginya. Happy Traveling.

Ditumpuk didalam berkas : Sponsor
Yang berkomentar (0)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Rencana Jalan-jalan"


Mau dapat tambahan dollar dengan kemampuan desainmu ? ayo salurkan bakat desainmu dengan mengupload desain yang kamu buat dan bisa menghasilkan pendapatanmu jika desain kamu laku terjual di produk teepublic. Klik disini untuk register. Semoga sukses ya