Tunggu Sebentar ...

#Random 05112018

Ditulis oleh

Beberapa hari ini, saya mencoba keluar jalur dari kebiasaan saya. Yang rutinitas saya berbau kode atau kalau lagi jenuh saya iseng-iseng ngedesain, tentunya sebelumnya nyari referensi dulu. Bisa dari lihat situs-situs font ataupun dari mana pun. Tapi kali ini saya mendadak mencoba sedikit mengulik tentang seni memasarkan lewat internet. Ini bukan tutorial, ini hanya sekedar catatan pribadi aja. Di tulisan ini tidak ada sama sekali tips dan trik tentang memasarkan produk atau jasa lewat internet.

Kalau boleh saya bilang seni memasarkan ini benar-benar asik juga. Beberapa saya lihat cara tips dan trik memasarkan produk kita ke calon pelanggan lewat internet. Dalam hal ini lewat facebook adsense dan google adwords. Ya, ada seni tertentu dalam pemasaran ini. Bahwa apa yang orang tips kan belum tentu kita juga kejadian sama kita.

Saya sudah berusaha mengikuti tips dari beberapa orang yang berhasil menjual desain kaosnya di teespring melalui facebook ads, tetapi tetap aja hasilnya nol. Ya, tentunya tema desainnya berbeda dengan dari orang yang saya tonton. Bahkan dari ribuan impression, hanya cuma hitungan puluhan yang klik. Bahkan tidak sampai 100 orang yang klik di hari pertama. Paling besar cuma 64 aja yang klik. Dan itu pun tidak ada yang beli .

Padahal target sudah sesuai. Kalau masalah target, saya tidak terlalu sulit untuk mempelajari target desain saya. Memang dari dulu, saya targetkan ke pangsa pasar tersendiri. Namun, untuk diterapkan di facebook ads atau google adwords yang sulit. Meski sudah menarget sesuai yang saya targetkan dari dulu, ternyata boleh dibilang sedikit yang klik.

Memang ini yang buat tertarik, tetapi sayang disayang, mau bagaimana pun tertariknya, harus berhenti sebentar, karena budget yang saya sisihkan untuk memasarkan lewat iklan ini sudah mau habis. Saya harus realistis juga.

Di teespring kalau saya search keyword yang saya letakkan di desain saya, malah desain saya tidak akan pernah tampil. Ternyata, yang tampil itu yang benar-benar relevan dan laku. Ini yang bikin saya jadi "wah gimana nih". Dari beberapa yang saya lihat dari youtube, rata-rata memang mereka laku dari mengiklankan ke facebook.

Tapi yang lucu adalah ketika saya ketik keyword "Programmer", ada beberapa desain yang saya buat muncul dai halaman itu, tapi bukan saya yang upload. Ada yang gambarnya peyot atau peyang, ada juga yang rapih.

Di redbubble juga begitu, ada desain-desain saya yang diupload orang lain, dan itu di halaman yang terdepan , sementara saya jauh di belakangnya, karena memang desain saya kali ini memakai akun saya yang baru, karena akun yang lama benar-benar sepertinya tidak bisa diselamatkan karena di suspend (sampai sekarang saya tidak tahu alasan pastinya kenapa disuspend).

Untuk sejenak, berhenti dulu untuk belajar iklan-iklanan. Budget sudah tidak akrab lagi mungkin nanti kalau dapat royalti lagi, sisihkan lagi beberapa persen untuk iklan. FYI, tidak ada yang rugi. Apapun yang dikeluarkan, akan menjadikan pengetahuan dan pelajaran.

Ditumpuk didalam berkas : Berkicau
Yang berkomentar (0)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "#Random 05112018"


Mau dapat tambahan dollar dengan kemampuan desainmu ? ayo salurkan bakat desainmu dengan mengupload desain yang kamu buat dan bisa menghasilkan pendapatanmu jika desain kamu laku terjual di produk teepublic. Klik disini untuk register. Semoga sukses ya