Tunggu Sebentar ...

Random 01112017

Ditulis oleh

Beberapa bulan ini, saya sering kepikiran tentang passive income. Setelah sebelumnya sudah ada passive income dari desain kaos yang saya coba jalankan dari 2014 september. Berhubung desain saya itu sesuai market tertentu, dan ditambah lagi desain yang sederhana saja, jadi mungkin belum powerfull yang didapat. Tapi semua itu bukan dijadikan alasan untuk tidak bersyukur. Untuk ukuran passive income, yang hasilnya bisa dipetik dari hasil kerja hari kemarin bahkan di tahun sebelumnya, tentunya sangat membantu untuk tambahan isi kebutuhan hidup.

Nah, bukan tidak bersyukur, tapi apa salahnya nyari passive income lainnya. Kenapa saya nyari passive income ? bukan karena malas, tetapi karena supaya tidak mengganggu pekerjaan utama saya. Kira-kira, apa yang mau dijadikan passive income berikutnya ? Sebenarnya ini keinginan sudah lama sih, pengen diterapkan lagi. Yaitu buat themes atau template CMS yang banyak digunakan orang-orang. Entah itu opencart ataupun wordpress. Tapi, saya kira ini butuh waktu, untuk maintenance-nya. Menyediakan waktu untuk mengupdate code dari themes sesuai versi CMS-nya, karena CMS kan terus berkembag sesuai versinya. Dan juga menyediakan waktu juga untuk menjawab jika ada pertanyaannya, misalnya "Gimana install-nya ?", "Kok ga jalan ya ?", "Ini kok gitu, dll". Sepele memang kesannya, tinggal jawab aja. Tapi kalau tidak disediakan waktu, akan jadi boomerang sendiri. Bisa-bisa nama kita di blacklist karena dianggap tidak bertanggung jawab atas apa yang sudah dijual.

Berbeda dengan desain kaos. Saya tidak perlu waktu untuk maintenance, ataupun menjawab komplainan dari yang beli. Saya hanya desain, lalu di upload disitus yang menyediakan jual desain. Desain yang hari kemarin bahkan tahun lalu pun masih bisa menghasilkan.

Kalaupun perlu waktu, paling cuma untuk share ke media sosial, gunanya adalah supaya terbaca di medsos ataupun di google. Kadang-kadang, google merambat juga content di media sosial. Biasanya saya lebih sering share di twitter ataupun instagram. Karena untuk power hashtag, kedua media sosial itu masih bisa digunakan. Atau untuk facebook, saya pernah coba untuk menggunakan adsense-nya. Memang sih banyak yang lihat, tapi sedikit yang klik . Kayaknya ini memang perlu belajar lagi tentang adsense. Tapi semua itu, pointnya adalah berbeda perlakuannya jika nanti membuat themes.

Mungkin langkah awal adalah membeli domain dan hosting dulu khusus demo themes. Iya dong, masa buat themes engga ada demo nya ? ya tapi masih dipikirkan baik buruknya sih. Yaitu tadi, soal waktu. Baik waktu membuatnya, ataupun waktu yang harus disediakan untuk maintenance ataupun menjawab pertanyaan ataupun komplain. Dan yang terpenting jangan sampai mengganggu tanggung jawab utama saya terhadap kerjaan. Toh ini hanya sampingan. Kecuali nanti suatu saat saya memutuskan fokus untuk mandiri. Jadi bukan passive income lagi, tapi di perdayakan jadi penghasilan utama, mungkin.

Ditumpuk didalam berkas : Berkicau
Yang berkomentar (0)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Random 01112017"