Tunggu Sebentar ...

Pertengahan Ramadhan

Ditulis oleh

Sekarang ga terasa udah pertengahan ramadhan aja ya. Padahal kayaknya baru kemarin nunggu sidang isbat untuk keputusan pemerintah menerapkan kapan jatuhnya tanggal 1 Ramadhan. Benar-benar waktu itu seperti berlari. Makin hari kayaknya makin cepat aja. Gimana puasanya teman-teman? syukur alhamdulillah, sampai sekarang masih diberi nikmat buat berpuasa. Mudah-mudahan kita diberi kesehatan ya, gimanapun, dengan kesehatan itu akan jauh lebih memudahkan kita buat menjalankan ibadah.

Setiap kali bulan Ramadhan, seperti tulisan yang pernah saya postingkan, saya selalu teringat masa kecil saya. Di Medan saya pernah tinggal di kotanya, tapi juga pernah tinggal di perkampungannya juga. Tinggal di Kota Medannya itu hanya sampai kelas 2 SD. Setelah itu pindah rumah ke tempat yang lebih jauh dari kota. Masih banyak pohon-pohon dibelakang rumah, bahkan kadang ada tempat juga yang pohonnya masih gede banget. Banyak rumor ini itu tentang "pohon besar". Tapi kali ini, bukan soal mistik kok.

Nah saya sempat tinggal di Tembung. Mungkin yang tinggal di Medan, tahu kali ya. Disana saya banyak memori kenangan yang ga terlupakan. Dari yang main-main permainan tradisional sampai main-main permainan yang mulai berteknologi seperti nintendo. Waktu di Tembung ini, ayah saya itu nyuruh saya untuk ngaji. Ada ngaji waktu malam hari, dan siang atau paginya ngaji di madrasah. Tentu ngaji di madrasah ini tergantung jadwal sekolah. Kalau sekolahnya masuk siang, ya ngaji madrasahnya pagi, begitu sebaliknya.

Dipengajian malam saya itu, guru ngaji saya kalau bulan ramadhan gini, menyiapkan beberapa orang muridnya untuk perlombaan ramadhan. Eh namanya perlombaan bukan ya ? jadi ada MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur'an), Cerdas Cermat Islam, Adzan, Hapalan surah. Tapi ga semua setiap murid harus diikutkan semua perlombaan itu. Biasanya — kalau ga salah ya — seminggu puasa itu udah mulai latihan, untuk persiapan di pertengahan ramdhan gini. Sebagai memperingati malam Nuzulul Qur'an 17 Ramadhan. Jadi malam ke - 16 ini, masih mempersiapkan latihan ini itu.

Biasanya jadwalnya itu sesudah pulang sekolah, siang hari. Dari dzuhur sampai ashar. Nanti dilanjutkan lagi sehabis teraweh. Ditempat saya dulu terawehnya 23 rakaat (udah termasuk witir). Lumayan lama pulangnya, ditambah lagi imamnya baca surah yang panjang-panjang.

Nah, kebiasaan kami dulu (yang masih SD, so pasti masih lucu dan imut ya ), dikit-dikit permisi kekamar mandi. Alasannya mau wudhu. *Lah wudhu kok tiap 15 menit sekali*. Apalagi kalau bukan untuk urusan kumur-kumur dan membasuh kepala. Weleh-weleh kayak orang mandi. Basah banget rambutnya. Malah sengaja pas bagian kaki juga dilama-lamin dibasuh. Supaya adem . Karena waktu itu, memang cuaca selalu panas kalau ramadhan.

Tapi yang saya ingat dan ga lupa. Saya dan teman grup saya dapat hadiah, malah ketukar. Kami yang laki-laki malah dapat telekung (mukena). Dan ternyata benar ketukar, yang wanitanya dapat sarung dan peci Akhirnya mukenanya buat kakak saya. Karena ga mungkin juga dikembaliin. Sayangnya, ga ada dokumentasi

Ditumpuk didalam berkas : Berkicau , Jadul
Yang berkomentar (7)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Pertengahan Ramadhan"

Anis Lotus
17-07-2014 00:03

wkwkwk... masih mending mas Dann, kakak sepupu ku dulu sembunyi2 di belakang sofa makan keripik pedes, saya yang jagain biar ga ketauan. haha

Komentar via web

Balas
Danni Moring
17-07-2014 00:07

hahaha klo itu jg..tp aku kue sih..ama kakak ku..jadi motiv nya sok bantuin ibu masak kue..terus pas ibu lengah, eh kami nyicipin..dan buat sepakat ga bilang ke ibu.. hahaha..tp pas dah gede, cerita sih klo dulu diam2 nyobain kue yang dibuat

Komentar via web

Balas
sukasukakeii
15-07-2014 10:59

wakakakka...kita sama tuh soal wudhu lama2 *guncang2
apalagi kalo pulang sekolah kan puanas banget ngeetttt

Komentar via web

Balas
Danni Moring
16-07-2014 19:09

hehhehe tp ga sampe diminumkan air wudhu nya ?

Komentar via web

Balas
Beby
14-07-2014 13:41

Oh pernah tinggal di Tembung rupanya, Bang? Aku di Sampali, deket Sekolah Polisi.. Tau ngga?

Komentar via web

Balas
Danni Moring
14-07-2014 15:43

engga tau hehehhee...aku banyak lupa...hehehhehe

Komentar via web

Balas
Beby
15-07-2014 04:19

Halah. Kirain tau.. -_-

Komentar via web

Balas