Tunggu Sebentar ...

Perpanjangan Hosting — dan masih menggunakan paket yang 60 MB. Yak, akhirnya saya perpanjang juga hosting untuk blog ini. Dari saat pertama register sampai sekarang, saya masih menggunakan paketan yang 60MB  untuk disk-nya. Sedangkan untuk bandwith-nya sih tertera unlimited. Tapi sebagaimana unlimited-nya, saya tetap ga percaya dengan kata-kata "unlimited". Karena pasti ada limit tertentu yang dibatasi oleh mereka. Tentunya nanti ada kebijakan tersendiri jika batas limit dari perkiraan mereka melebihi bandwith yang dipakai oleh web / blog tertentu.

Alasan masih pake yang 60 MB, karena masih cukup untuk disk-nya. Dari tahun 2014 sampai 2018 ini masih sangat cukup. Dan biaya yang dikenakan untuk tahun ini adalah sebesar Rp. 12.540,00 sudah termasuk sama pajak-nya. Kok bisa ? karena pengunjung blog ini boleh dibilang tergolong sangat sedikit, meski tiap hari selalu ada pengunjung, tapi boleh dibilang sangat-sangat sedikit. Jadi kemungkinan batas bandwith-nya tidak melebihi estimasi pihak hosting (meski dari hostingnya tertera unlimited, kalau melebihi estimasi batas limit mereka, kemungkinan ada teguran atau malah down website saya).

Kedua, file-file yang berbau bahan postingan misalnya foto, saya menggunakan plug-in luar. Jadi, disk hosting saya hemat kapasitas. Karena tidak dibebanin file foto.

Tapi, itu juga dengan syarat, pihak luar hanya membatasi kapasitas, dan juga membatas 1 GB untuk bandwith-nya. So kalau ini sih bisa diakali. Toh plug-in eksternal ini juga "free". Jadi kalau sudah penuh kapasitas disk dari storage luar, ya tinggal register akun lagi. Lalu dikonek-kan lagi ke blog ini dengan menggunakan API.

Sebelumnya, saya penggunakan photobucket, tapi sayangnya photobucket kayaknya harus berbayar sekarang-sekarang ini,  karena ada tulisan di akun saya, intinya berbayar. Alhasil, foto-foto yang memakai photobucket di postingan saya jadi tidak tampil.

Ya, itulah masing-masing ada resikonya. Jika menggunakan eksternal disk / tempat penyimpanan file dari luar, ya harus mengikuti aturan main mereka juga. Dan jika memang mau pake disk hostingan, ya resikonya juga memenuhi kapasitas hosting. Dengan kata lain, bisa jadi, tiap tahun paketan hosting-nya bukan 60 MB lagi yang saya pesan.

Tapi apapun itu, saya enjoy sih. Toh ini cuma sekedar pelepas nulis iseng aja.

Ditumpuk didalam berkas : Berkicau
Yang berkomentar (4)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Perpanjangan Hosting -- Dan Masih Menggunakan Paket Yang 60 MB"

Captain America
07-08-2018 14:36

Terima job bikin web model webmu ini gak, Om? Fee berapa? Terima kasih.

Komentar via web

Balas
Danni Moring
07-08-2018 15:17

lah mau buat blog ? pake wp aja free, udah bagus dibandingkan kyk blog ini.... tinggal modal nyewa hosting + domain aja

Komentar via web

Balas
Gandi
25-08-2018 14:03

Hahahaha,,, Ah selalu merendah aja nih. Padahal ini lebih keren blognyaa, ringan banget malah.

Komentar via web

Balas
Danni Moring
25-08-2018 14:07

masa blog ini ringan ? mungkin ringan bisa jadi karena kualitasnya ga bagus gan hehhee....udah pake wp aja..paling install plugin cache utk ringanin blog

Komentar via web

Balas


Mau dapat tambahan dollar dengan kemampuan desainmu ? ayo salurkan bakat desainmu dengan mengupload desain yang kamu buat dan bisa menghasilkan pendapatanmu jika desain kamu laku terjual di produk teepublic. Klik disini untuk register. Semoga sukses ya