Tunggu Sebentar ...

Pedagang Yang Jujur

Ditulis oleh

Dulu sewaktu kecil, kalau tidak salah ingat, saya pernah diceritakan oleh guru ngaji saya tentang Nabi Muhammad SAW adalah pedagang yang jujur. Kejujurannya membuat para pembelinya menjadi senang terhadap beliau. Misalnya ada kain yang agak sobek sedikit, beliau bukannya diam, tapi menceritakan keadaan yang sebenarnya sambil memberi tahu bagian yang agak sobek sedikit. Oiya, koreksi ya kalau ternyata saya salah ingat tentang cerita kayak gini.

Hal seperti itu yang patut dicontoh oleh para pedagang. Baik pedagang offline ataupun online. Kalau jualan offline, kita sebagai pembeli masih bisa memeriksa terlebih dahulu barang yang akan dibeli, apakah ada cacat atau tidak, yang kadang si penjualnya pun tidak memberi tahu jika ada bagian yang agak cacat. Hal ini tidak bisa di judge langsung kalau pedagang tersebut tidak jujur, bisa jadi memang ia tidak tahu. Tetapi, mungkin akan lebih baik penjual memeriksa kembali barang yang akan dijualnya.

Teringat dulu bahwa kita diharuskan memberi yang terbaik dari apa yang kita punya. Seandainya punya dua apel, antar apel yang satu bagus, dan apel yang satunya lagi kurang bagus, tentu kita lebih baik dianjurkan dengan sangat memberi apel yang bagus tersebut kepada orang lain.

Mungkin hal itu juga bisa diterapkan oleh pedagang, memberikan produk yang terbaik yang ia sajikan untuk diperjual belikan.

Beberapa kali saya membeli online, entah mainan ataupun gadget. Ada yang mengecewakan, ada juga yang puas, ada juga yang biasa-biasa saja. Pernah pengalaman, saat itu saya engga sengaja lihat di beranda facebook saya, ternyata akun jualan mainan tersebut sedang posting mengenai jualannya dengan harga miring. Bukan karena lagi diskon, melainkan, dia bilang terus terang ada cacat terhadap mainan yang akan dijualnya. Misalnya ia sebutkan bahwa kotak sudah tidak bagus alias peyot-peyot tapi dalam mainannya masih 100% dijamin bagus. Ada juga ia bilang, bahwa stickernya sudah tidak ada, selain itu semuanya lengkap, ada juga ia bilang bahwa body mobilan bagian atas agak ada retak sedikit, dibagian tersebut dipostingan gambar bagian retaknya.

Saya tetap membelinya, karena dia sudah memberi tahukan secara terang-terangan. Tentu saya sebelumnya lihat kocek saya memadai atau tidak. Dan setelah barang sampai, saya pun tidak kecewa, bahkan senang, barangnya benar-benar masih mulus dan utuh. Hanya kotaknya saja yang peyot-peyot seperti yang sebelumnya sudah ia tulis keterangannya di produk tersebut.

Lain lagi suatu kali saya juga beli mainan di tempat yang berbeda. Karena saya lihat ada barang tergolong "jadul", maksudnya serie nya, meskipun dari brand tandingan si brand pelopor mobilan mini4wd. So far memang penjualnya ramah dan tepat janji. Saat saya bilang mau transfer malam itu (pas malam minggu). Ia langsung buru-buru bilang, senin saja transfernya karena senin dia kirim barangnya. Akhirnya saya tetap transfer malam itu juga supaya enak engga kelupaan, dan senin paginya pun di print screen no resi atau no airwaybill (AWB) nya.

Namun, agak mengecewakan memang ketika barang sudah sampai. Kotak peyot, dan terlihat kalau itu produk yang sangat lama yang mungkin disimpan. Tertulis didalam kardus mainan tersebut ada bonus dua batere, dan itu memang ada. Namun, baterenya sudah agak luntur. Dan lagi ada sedikit berdebu hitam bagian velg-nya, serta sticernya sepertinya terlihat sudah mulai agak tidak begitu rekat. Dan serta bau "lama" pada mainan tersebut.

Hal ini tidak sepenuhnya saya salahkan si penjual, namun, agak mengecewakan karena sebelumnya tidak diberi tahu kotaknya peyot-peyot dan memang barang lama. Saya komplain ? engga perlu, mungkin lain kali cukup beli yang brand "pelopor" nya saja dan tentu ke penjual yang memang sudah biasa beli.

Ditumpuk didalam berkas : Berkicau
Yang berkomentar (4)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Pedagang Yang Jujur"

Dunia Ely
07-10-2015 20:03

DI sini biasa Dann cerita keadaan barangnya, termasuk dagang online, jadi pembeli sdh tahu sebelumnya

Komentar via web

Balas
Danni Moring
07-10-2015 21:09

iya harusnya gitu ya mba...tp beberapa ku temui dia ga cerita..ntah memang ga tahu, atau memang takut klo cerita malah ga jadi beli..

Komentar via web

Balas
Dunia Ely
08-10-2015 13:04

Berarti memang nggak jujur ya Dann pedagangnya.

Komentar via web

Balas
Danni Moring
08-10-2015 15:31

kalau online memang sulit ya mba jad pembeli..tp klo yang biasa tempat saya beli mainan sih biasanya dia jelaskan deskripsinya (jika memang ada yang kurang atau cacat) dan harganya biasanya beda..jd si pembelinya juga udah tahu duluan kondisi barangnya

Komentar via web

Balas


Mau dapat tambahan dollar dengan kemampuan desainmu ? ayo salurkan bakat desainmu dengan mengupload desain yang kamu buat dan bisa menghasilkan pendapatanmu jika desain kamu laku terjual di produk teepublic. Klik disini untuk register. Semoga sukses ya