Tunggu Sebentar ...

Menggunakan Select Binary Untuk Menseleksi Data Case Sensitive

Ditulis oleh

Perintah Select pada MySQL untuk menampilkan data dari suatu tabel atau beberapa tabel. Suatu kali saat proses pencarian berdasarkan keyword yang ditentukan, hasil yang dicari justru banyak. Misalnya mencari judul yang ada "tes" didepannya. Tentu yang akan tampil data yang judulnya ada "tes" didepannya. Entah huruf "t" nya kecil ataupun besar, meskipun di keywordnya itu "t" nya huruf kecil.

Tapi, kali ini case sensitive diberlakukan. Tentu yang dicari engga akan tepat sasaran jika misalnya yang diingikan justru yang didepannya ada kata "Tes". Huruf "T" besar, bukan "t" kecil. Misalnya, ada data seperti dibawah ini. Saya ambil saja dari tabel wp_post sebagai contoh. Ya, dari database si wordpress saja. Soalnya malas buat contoh tabel sendiri.

Dari tabel itu misalnya kita ingin menampilkan data yang depannya "te", memakai huruf kecil semua. Dan field yang ingin ditampikan adalah hanya field post_title dan post_content.

Biasanya menggunakan perintah seperti ini

SELECT post_title,post_content FROM wp_posts WHERE post_title  LIKE 'te%'

artinya menampilkan data dari tabel wp_post yang mana post_title nya itu depannya "te". Data yang ditampilkan hanya field post_title dan post_content saja. Maka, dari perintah diatas, akan menghasilkan seperti ini :

Hasilnya akan menampilkan data yang depannya diawali dengan "te", engga perduli apakah huruf depannya itu besar ataupun kecil.

Bagaimana jika perintahnya seperti ini ?

SELECT post_title,post_content FROM wp_posts WHERE post_title  LIKE 'Te%'

Maka, hasilnya akan seperti ini

Kalau dilihat-lihat, hasilnya sama ya. Antara gambar diatas dan gambar sebelumnya. Iya, memang sama. Karena saat menggunakan LIKE 'te%' dan LIKE 'Te%' itu memukul rata. Tidak memperdulikan apa yang diketik itu huruf besar atau huruf kecil.

Untuk mencari data yang sesuai hanya depannya "Te" saja, maka perlu ditambahkan BINARY pada SELECT tersebut, seperti dibawah ini

SELECT post_title,post_content FROM wp_posts WHERE BINARY post_title  LIKE 'Te%'

Hasilnya pun akan berbeda dari sebelum-sebelumnya. Seperti ini hasilnya :

Dari perintah diatas, data yang dihasilkan hanya satu saja kan ? yaitu yang post_title nya "Tess Tetaks" saja. Begitu juga jika LIKE nya 'te%' dengan menggunakan BINARY tadi, maka hasilnyapun berbeda dari sebelum awal tadi tanpa BINARY. Seperti ini hasilnya :

Ditumpuk didalam berkas : Catatan Belajar , MySQL / Mysqli
Yang berkomentar (2)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Menggunakan Select Binary Untuk Menseleksi Data Case Sensitive"

bangkoor
29-09-2014 13:53

Hmm.. ini nih yang bikin aku suka mantengin blognya mas Danni

btw, itu bukan mysql ya mas?

Komentar via web

Balas
Danni Moring
29-09-2014 14:34

ah bisa aja nih arif ..
iya itu mysql rif..

Komentar via web

Balas