Tunggu Sebentar ...

Maya, Viral, Nyata

Ditulis oleh

Kalau postingan singkat sebelumnya tentang maya dan nyata dilihat dari sisi negatif, kali ini dari sisi positifnya. Sebenarnya banyak hal yang bisa didapatkan, terlepas dari negatif atau positif. Tergantung juga berapa banyaknya yang didapat. Jika kita berpikir semakin banyak yang didapat akan mengakibatkan sesuatu yang baik, menurut saya tidak juga.

Contohnya informasi jaman sekarang, sudah berapa banyak informasi yang bisa kita dapatkan, tapi hasilnya ? sekarang lagi demam-demannya hampir semua orang menelan semua informasi yang didapat tanpa berusaha mencari alternatif lainnya. Tapi sulit juga memang, ketika hampir banyak yang menyajikan informasi-informasi yang banyak dipertanyakan juga, jadi agak sulit mencari alternatif lainnya. Terkecuali buat kalian-kalian yang tidak langsung menelan informasi begitu saja. Saya ? bisa jadi saya termasuk orang yang menelan informasi-informasi, yang entah valid ataupun engga. Mudah-mudahan saya menjadi orang yang lama-lama bisa menyaring informasi yang didapat. Tidak asal menelan mentah-mentah.

Nah, tapi, dengan banyak atau mudahnya orang memberi atau menerima informasi, ternyata banyak juga manfaat kebaikannya. Misalnya, waktu itu sempat ada yang posting tentang seorang bapak supir taksi yang saat bekerja membawa poto anaknya. Si penumpang akhirnya bertanya kenapa si bapak tersebut membawa photo anaknya. Jawabannya yaitu karena sebagai penyemangat mencari duit lagi, ditambah lagi anaknya sebentar lagi ingin ulang tahun. Ia ingin memberikan sesuatu buat anaknya, berharap anaknya bahagia, yaitu ingin sekali merayakan ulang tahun anaknya di restoran ayam terkenal itu.

Karena si penumpang tersebut ada rasa "nyes" akhirnya dibuatlah postingan di sosial medianya. Beserta photo si bapak itu dari belakang dan photo anaknya yang ditarok dekat stir nya. Postingan itu pun beredar kemana-mana. Hingga akhirnya terdengar oleh si restoran ayam terkenal itu, dan lalu si restoran ayam terkenal itu pun berusaha mewujudkan keinginan bapak tersebut.

Ada kisah lainnya tentang postingan viral, eh sebentar, benarkan namanya "viral" ? kalau salah jangan diketawain ya, cukup dikoreksi aja , oke, kisah lainnya adalah saat marak-maraknya ojek online yang sedang digandrungin hampir sebagian pengguna smartphone, untuk antar jemput "ojek", kurir, ataupun pengantar makanan.

Lalu, ada seorang mba-mba pegawai yang — padahal sudah pesan ojek online — berjalan menunggu ojek. Lalu, terlihat ia ada seorang kakek-kakek yang masih bekerja sebagai ojek pangkalan. Dimana ojek pangkalan konon katanya sedang kalah pamor dengan ojek online. Entah kenapa si mba itu pun akhirnya menerima ojek si kakek itu, dan sebelumnya ia batalkan terlebih dahulu ojek onlinenya.

Setelah sampai di tempat tujuan, si mba itu nanya berapa ongkosnya, si kakek itu hanya menjawab seikhlasnya. Dan lalu ditanya berapa, akhirnya dia jawab ongkosnya. Itupun ditanya terlebih dahulu oleh si kakek, kira-kira ongkos tersebut kemahalan atau ga oleh si mba-mba itu. Justru karena itulah si mba-mba itu malah ngasih lebih karena ketulusan si kakeknya.

Lalu, seperti sebelum cerita sebelumnya, si mba-mba itu pun posting di media sosialnya, dan seperti biasa, mudah menyebar kemana-mana karena cerita yang mengharukan. Akhirnya, si kakek itu pun sempat diundang ke salah satu stasiun tv swasta karena postingan tersebut yang banyak disebar.

Saat di wawancara, si bapak itu pun ditanya berapa tarifnya, dia malah masih memikirkan penumpangnya. Dia takut kalau ngasih harga segitu si penumpangnya merasa kemahalan, karena si kakek itu juga mikir, pasti penumpangnya masih ada lagi keperluan lain atau bakalan naik kendaraan lainnya lagi. Jadi dia jawabanya seikhlasnya saja saat ditanya tarifnya.

Saat ditanya apa keinginan yang belum tercapai, ia jawab mau nabung naik haji. Lalu, ternyata ada penonton rumah yang mungkin menyaksikan itu, dan menyampaikan ke pihak tv untuk memberi kabar kalau si penonton rumah itu niat menaikkan (hati atau umroh ya, lupa). Tanpa disebut namanya yang akan menaikkan si kakek itu.

Segala sesuatu memang bermata dua, ada positif dan negatif. Kadang-kadang kita masuk lingkungan positif, kadang-kadnag bisa jadi kita berada di lingkungan negatif, atau kadang-kadang kita merasa sedang dilingkungan positif, padahal sedang di lingkungan negatif. Tapi apapun itu, saya meyakini bahwa kebaikan sekecil apapun akan dibalas oleh Allah yang berkali-kali lipat.

Ditumpuk didalam berkas : Berkicau , Sosial Media / Dunia Maya
Yang berkomentar (0)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Maya, Viral, Nyata"