Tunggu Sebentar ...

Masalah Keluarga Selesaikan Di Internal Bukan Di Internet

Ditulis oleh

Sudah bukan hal baru lagi kalau sosial media kadang menjadi bumerang tersendiri. Alih-alih tujuannya adalah pertemenan, entah itu mencari teman lama yang sudah engga kontekan lagi, atau membuat teman baru, baik dari hobi atau memang nyari jodoh, atau bisa jadi memang dari hobi lantas kebetulan dapat tambatan hati, oke ini skip aja.

Sebenarnya masalah umbar mengumbar bukan sesuatu hal yang asing. Sosmed yang awalnya dibuat untuk pertemanan pun jadi ajang umbar mengumbar. Mungkin benar kata orang bijak, sebaiknya kalau marah, jauhi gadget. Karena, jaman sekarang, gadget hampir rata-rata pasti ada sosial medianya.

Engga sedikit kita lihat, terkadang ada yang mengumbar masalah keluarga. Baik itu lagi kesal dengan pasangannya, atau keluarga (ayah ibu kakak adik abang, dll). Yang perlu diketahui adalah, kadangkala itu hanya sementara. Maksudnya marahnya. Tetapi dampak dari mengumbar marah tentang masalah kita di sosial media adalah bukan perkara sementara seperti marahnya kita. Ketika mengucapkan sesuatu yang buruk tentang keluarga kita sendiri, tentu banyak mata yang menyorot.

Marah kita bisa jadi redah setelah beberapa jam. atau kalaupun masih mendendam, tapi sudah tidak membara berapi-api lagi. Sementara, orang-orang yang sempat membaca umbaran masalah keluarga kita sudah menyimpan dimemorinya. Sadar atau tidak sadar.

Menjatuhkan nama istri ataupun suami, atau ayah ibu di sosial media tentu bukanlah sesuatu yang patut ditiru menurut saya. Terlepas seandainya saat itu memang pihak yang benar ada di kita saat permasalahan dengan keluarga, tetapi alangkah baiknya jika internal juga diselesaikan diinternal bukan diinternet.

Membayangkan, seandainya kita menjatuhkan nama istri / suami / keluarga lainnya dengan mengungkapkan aib-aibnya, setelah itu kita berbaikan dengan yang bermasalah. Sementara aib istri / suami / keluarga lainnya sudah jadi bahan umum bukan privasi lagi. Atau bisa jadi bumerang kekita yang menjadi nama kita tercoreng karena mengumbar aib keluarga sendiri. Karena kita bagian dari keluarga itu, mengumbar aib suami/istri/ayah/ibu/kakak/adik adalah mengumbar aib sendiri.

Apalagi berantem urusan keluarga suami istri dengan berbalas status atau berbalas komentar. FYI, difacebook setiap kita mengelike atau berkomentar maka status tersebut akan bisa berada urutan atas di beranda/feed sosial media kita (dalam hal ini facebook). So, engga dipungkiri, bisa jadi banyak mata yang menonton permasalahan internal kita. Itu semua karena internal dibicarakan diinternet. Bak artis yang diperbicarakan diinfotainment.

Yang aneh adalah ketika kita rame-rame menghujat buruknya acara tv infotainment, tetapi kita suka mengumbar masalah keluarga di internet. Oh My God....Semoga kita bisa mencegah marah kita apalagi mengumbarnya.

"Speak good words or remain silent"

 

Speak good words or remain silent. Tersedia di http://tees.co.id/products/detail/151380 #kaos #tees #promotees #tshirt #muslim #islam #quote

A photo posted by danni moring (@danloy.moring) on

 

Ditumpuk didalam berkas : Sosial Media / Dunia Maya
Yang berkomentar (7)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Masalah Keluarga Selesaikan Di Internal Bukan Di Internet"

Dunia Ely
22-08-2015 22:41

Memang ada ya Dann yg bertengkar terus saling menjatuhkan nama suami atau istri di medsos? nggak kebayang ya...

Btw, apa kabar? maaf baru bisa berkunjung, semoga kamu sekeluarga sehat selalu ya

Komentar via web

Balas
Danni Moring
23-08-2015 12:44

hehehe ya ada aja mba ..... | alhamdulillah baik mba, gimana kabarnya juga ? iya gpp mba, aku jg jarang ngeblog skrg... | aamiin...semoga sehat juga buat mba dan sekeluarga ya....

Komentar via web

Balas
Dunia Ely
03-09-2015 18:40

Alhamdulilah Dann, Aamiin, thanks ya

Komentar via web

Balas
Ila Rizky
22-08-2015 05:43

Kadang tergantung orangnya juga. Ada yang lebih suka mengumbar marah di social media karena nggak punya pelampiasan di dunia nyata.

Komentar via web

Balas
Danni Moring
22-08-2015 06:45

bisa jadi, karena ga ada media (entah ga ada org yang tepat buat tempat sekedar cerita, atau lainnya)...tapi bisa ditaktikan, lampiasinnya ditulisan offline hehe..

Komentar via web

Balas
Izza
13-08-2015 23:27

Ujung ujungnyaaaa

Komentar via phone

Balas
Danni Moring
14-08-2015 07:19

ujung2nya promosi gitu ya maksudnya ? engga kok, lagiankan itu tujuannya bukan nawarin dibeli hehehe..

Komentar via web

Balas