Tunggu Sebentar ...

Mungkin beberapa ini saya balik lagi oprek opencart, engga tahu kenapa, saya memang jatuh hati sepertinya dengan opencart ini sejak kenal ditahun 2011. Mungkin tergolong baru bagi para penyuka opencart. Tapi gimanapun saya engga mau fanatik dengan opencart, tentu saya tetap menilai ada sisi kekuranganya. Nanti kapan-kapan bahas kekurangannya ah, setidaknya kekurangan versi saya.

Nah kali ini, entah bug dari opencartnya atau memang kesalahan dari saya. Tapi yang jelas saya belum otak atik halaman adminnya saat error ini saya temukan. Awalnya saya cuma ngetes buat themes nya, lalu untuk mengganti themes, seperti CMS pada umumnya, diganti lewat halaman adminnya. Awalnya entah saya engga ngeh ada error atau memang baru muncul saja error "Undefined variable: text_edit" ini saat saya ganti themes halaman front nya. Lengkapnya, errornya seperti gambar dibawah ini :

Jelas ya errornya dimana ? digambar itu saya kotakkan warna merah, itulah errornya. Bahwa dihalaman setting.tpl varibale text_edit tidak terdefinisikan. Mari kita lihat halaman setting.tpl isinya seperti apa, tepatnya pada baris ke-29.

Dari gambar diatas barusan, saya kotakkan warna merah. Disitulah letak errornya. Loh kenapa error ? Coba lihat code pada <?php echo $text_edit; ?> nah $text_edit nya itu yang ga terdefisinikan. Jadinya error. Ah gampang, hapus aja <?php echo $text_edit; ?> terus ketik langsung "Edit Settings". Iya sih, tampilan nanti berubah, tapi itu bukan solusinya.

Sebagaimana kadang penyakit itu sumbernya bukan pada tempat yang sedang sakit. Nah begitu juga dengan error. Tidak semua error yang diberi tahu itu, sumbernya itu. Jadi, error yang diberi tahu diatas, itu hanyalah efek samping. Sumber kesalahannya dimana ?

Nah, pada opencart, segala sesuatu variabel di template itu atau file yang berekstensi .tpl (dot tpl) itu terdefinisikan variablenya di controllernya. So, untuk mendeteksi apakah $text_edit itu terdefisinikan atau tidak variablenya, mari kita lihat di controller setting nya.

Di halaman admin, cari saja folder "controller" -> folder "setting" -> file "setting.php". Nah di file "setting.php" ini kita ubek-ubek deh. Di public function index() coba cari detail "text_edit" kira-kira ada atau engga ? wah gila lu ndro, segitu banyaknya code harus nyari satu-satu. Mmmhh..please jangan ngeluh . Bisa juga kalau mau cepat, tekan aja Ctrl-F di editor, lalu cari "text_edit". Jika tidak ada, berarti memang variable $text_edit yang di template tadi belum terdefinisikan.

Kasus error yang saya temukan ini, memang tidak ditemukan text_edit di controller. Maka, saya tambahkan saja seperti ini

$data['text_edit'] = $this->language->get('text_edit');

Letaknya dimana ? lebih gampangnya supaya engga bingung, coba search lagi $data['heading_title'] nah taroklah dibawahnya itu. Seperti gambar dibawah ini :

Jelaslah ya dari gambar itu, yang dikotakkan warna merah. Ocre ? Setelah itu simpan file controller setting.php tadi. Lalu coba kita refresh halaman setting tadi. Begini hasilnya :

Hayo sudah ada perbedaannya kan ? oke, error terselesaikan. So, kalau ada temukan ini, kira-kira begitulah caranya. Tapi, jika masih ada error juga setelah cara versi saya, ya berarti code kalian harus dicari lagi penyebab lainnya hehehe.

Kesimpulan :

Bisa jadi ini bug dari opencartnya, karena saat saya search tadi text_edit tidak temukan hasilnya. Sementara saya belum otak atik controller dari setting ini.

Catatan :

Backup terlebih dahulu file controller setting.php yang lama. Supaya saat menambahkan code dan terjadi error atau catat aplikasinya, bisa dibalikkan kembali file setting.php yang lama tadi.

Mohon maaf untuk catatan kali ini, mungkin acak-acakkan. Karena disambi sambil ngerjain sesuatu yang juga harus dikerjakan. Selamat beraktifitas.

Ditumpuk didalam berkas : Catatan Belajar , Bootstrap
Yang berkomentar (22)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Error Undefined Variable text_edit Di Halaman Setting Admin Opencart"

ciput
14-11-2014 18:55

Kalau dulu belajar pemrograman delphi kalau ngelacak relatih mudah, kalau bahasa PHP kelihatannya lebih komplek ya, karena membaca database, dibaca dan ditampilkan dalam html...

Komentar via web

Balas
Danni Moring
15-11-2014 10:25

sebenarnya pemrograman apapun akan terhubung nantinya dengan database..krn memang tujuan membuat program pasti ada proses menyimpan data..nah menyimpan data itu tentu butuh database..memang untuk pemrograman web: misal PHP, ASP, ASPNET, yg dibutuhkan itu bukan cuma dari segi bahasa pemrograman webnya..tp harus tahu juga basic HTML nya, dan minimal tahu javascript, kalau css akan lebih bagus lagi klo mengenalnya juga..memang agak berbeda dengan pemrograman desktop, seperti delphi, visual basic, dll yang berbasiskan desktop atau compiler..cuma sama-sama seru sih sebenarnya hehe

Komentar via web

Balas
Bangkoor
12-11-2014 12:49

Hoho.. udah report bug ke developernya mas?
Mas Danni canggih yeh

Aku belum pernah nyobain opencart nih. Masih berkutat di wp

Komentar via web

Balas
Danni Moring
12-11-2014 12:59

belum..masih ragu hehe..soalnya ku lihat demo versi mereka di webnya engga ada error itu..apa aku yang salah download atau gimana, engga tahu deh hehe..

Komentar via web

Balas
Bangkoor
14-11-2014 15:26

Ouw.. salah versi kali mas

Komentar via web

Balas
Danni Moring
14-11-2014 17:37

kayaknya engga, aku coba di idhostinger juga gitu..dan versinya sama, yang terbaru hehe..errornya pun sama seperti yang kutulis diatas..sebenarnya ada beberapa error lainnya..

Komentar via web

Balas
Beby
12-11-2014 10:49

Aku pusing liat kodenya.. Butuh obat sakit kepala..

Komentar via web

Balas
Danni Moring
12-11-2014 11:03

merendah nih..moso tukang buat virus pusing lihat kode hehe...di kode in manta ga pusing si bebi ini haha

Komentar via web

Balas
Beby
13-11-2014 09:28

Wkwkwk.. Kalok dikodein mantan sih aku sukak ngga peka, Bang

Komentar via web

Balas
Danni Moring
14-11-2014 09:53

hahahhahaha haha peka atau pekak ? btw tau arti pekak ga bebi ?
pura2 ga peka kaleeeee..

Komentar via web

Balas
Beby
15-11-2014 10:11

Peka, Bang. Bukan pekak. Itu sih tungkik. Hahah

Eheheh.. Iya pura-pura ngga peka akunya mah

Komentar via web

Balas
Danni Moring
15-11-2014 10:27

hahahahhaa pura-pura ga peka itu bagian dari modus ya ?

Komentar via web

Balas
Beby
16-11-2014 14:56

Bisa jadiiii

Komentar via web

Balas
Danni Moring
16-11-2014 14:59

ya hitung2 supaya ga di buat cara halus dari si mantan ya bebi

Komentar via web

Balas
Beby
18-11-2014 11:08

Wkwkwk.. Sungguh halus cara halus itu, Bang.. Takot Adek

Komentar via web

Balas
Danni Moring
18-11-2014 18:52

makanya kau aja yang buat cara halus itu ke mantan kau..kekekekeke

Komentar via web

Balas
Beby
20-11-2014 11:18

Berdosa Bang, pakek cara halus yang itu.. Belom siap awak. Bahahah

Komentar via web

Balas
Danni Moring
20-11-2014 12:17

hahaha pake cara halus yang lain dong...

Komentar via web

Balas
Beby
27-11-2014 18:45

Misalnya?

Komentar via web

Balas
Danni Moring
28-11-2014 00:28

hahaha kyk status BBM ko yang ko tulis di postinganmu haha...pura2 punya pacar

Komentar via web

Balas
Beby
01-12-2014 11:08

Tapi sekarang uda punya pacar beneran doooongs..

Komentar via web

Balas
Danni Moring
05-12-2014 13:20

weuihhh..akhirnya ga jadi zombi - zomblo bingung..

Komentar via web

Balas