Tunggu Sebentar ...

Bug / Error Pada Halaman Backup Di Opencart 2.1.0.2

Ditulis oleh

Tulisan ini dibuat karena ada yang mencari cara penanganan error pada halaman backup di opencart. Ini saya ketahui dari statistik pengunjung ke blog ini, tentunya bisa terdeteksi keyword apa sehingga ia kesasar ke sini. Maka, dari keyword pencariannya tersebut buat saya jadi ingin check lagi opencart, apakah benar ada bug atau error pada halaman backup-nya. Sebelumnya saya juga pernah kasih tahu ada bug di opencart dan juga cara mengatasinya. Dan kali ini saya juga coba nulis cara mengatasi error-nya yang ada di halaman backup di opencart 2.1.0.2

Kalau ditelusuri, opencart 2.1.0.2 di update pada tanggal 12 januari 2016. Baru beberapa hari dari hari ini. Saya kira awalnya untuk urusan gini opencart sudah bisa tanganin, karena menurut saya, ini simple yang mestinya tidak terlewatkan bug seperti ini. Akhirnya saya download versi terbarunya, dalam hal ini yaitu versi 2.1.0.2. Lalu setelah itu saya coba install langsung di pc saya. Lalu saya akses halaman backup-nya, ternyata memang ada error pada halaman backup di opencart 2.1.0.2. Sebelumnya, saya tidak tahu apakah ada error di halaman backup pada versi sebelumnya.

Sebenarnya sudah jelas notice nya apa, yaitu ada variable entry_export yang adai halaman backup.tpl tapi tidak terdefinisikan di controller. Mari kita lihat isi dari backup.tpl nya, langsung pada line yang menjadi error-nya.

Pada gambar diatas, pada line 43, jelas ada variable $entry_export, nah variable ini dianggap tidak terdefinisikan tetapi ditulis di backup.tpl. Tentunya caranya adalah dengan mendefinisikannya sehingga variable $entry_export yang ditulis di backup.tpl menjadi terdefinisikan.

Cara ini adalah dengan cara mengubah code dari code inti opencart. Dengan kata lain, kita langsung menambahkan atau mengubah file inti dari opencart. Dalam hal ini kita bermain di code admin-nya. Sebenarnya bisa dengan ocmod (tanpa mengubah code inti dari opencart, tetapi dengan membuat file ocmod, nanti otomatis di generatekan sehingga bisa membaca code yang diperbahurui).

1. Buka language untuk backup

Ya, karena segala sesuatu yang menjadi caption itu di opencart diatur melalui laguange. Maka, perlu kita check terlebih dahulu language untuk backup ini. Path languange untuk backup ini adalah admin/english/tool/backup.php.

Nah, coba buka file tersebut, kira-kira ada atau engga $_['entry_export'] ? kalau dari gambar diatas, yang saya print screen dari code backup.php untuk language-nya, jelas tidak ditemukan $_['enty_export']. Maka sekarang kita tambahkan $_['entry_export'] pada file backup.php untuk languangenya. Sehingga menjadi seperti ini

<?php
// Heading
$_['heading_title']    = 'Backup &amp; Restore';

// Text
$_['text_backup']      = 'Download Backup';
$_['text_success']     = 'Success: You have successfully imported your database!';
$_['text_list']        = 'Upload List';

// Entry
$_['entry_restore']    = 'Restore Backup';
$_['entry_backup']    = 'Backup';
$_['entry_export']      =  'Export'; //ini tambahannya

// Error
$_['error_permission'] = 'Warning: You do not have permission to modify backups!';
$_['error_backup']     = 'Warning: You must select at least one table to backup!';
$_['error_empty']      = 'Warning: The file you uploaded was empty!';

Lalu save. Sebelumnya, di backup atau digandakan dulu ya file backup.php tadi untuk language. Buat antisipasi kalau ingin mengembalikan lagi code semula.

2. Buka controller untuk backup

Controller untuk backup itu adanya di path admin/tool/backup.php. Untuk membuktikan bahwa variable entry_export tadi tidak didefinisikan di controller-nya, maka coba kita search terlebih dahulu $data['entry_export'] di file backup.php di path admin/tool tadi.

Coba praktekan sendiri untuk search $data['entry_export'], kalau saya search tidak ditemukan, terbukti dari print screen saya digambar diatas. Kalau tidak ada, maka tambahkan untuk $data['entry_export']. Saya letakkan / tambahkan di bawah code ini

$data['entry_backup'] = $this->language->get('entry_backup'); berarti diline 37. Tambahannya adalah

$data['entry_export'] = $this->language->get('entry_export');

Nah jadi seperti gambar diatas, yang saya kotakkan warna orange itu adalah tambahan untuk $data['entry_export']. Setelah ditambahkan, coba di simpan / save. Lalu coba buka lagi halaman backup nya di admin, apakah sudah sembuh error / bug nya ? Kalau saya sih sudah sembuh, seperti gambah dibawah ini adalah print screen dari halaman backup setelah ditambahkan $data['entry_export'] untuk mendefinisikan $entry_export di halaman backup.tpl.

Mudah-mudahan ditempat kalian sudah sembuh ketika menjalankan keterangan / langkah-langkah yang saya buat tadi. Sekian dan terima duit eh terimakasih.

 

Ditumpuk didalam berkas : Catatan Belajar , Opencart
Yang berkomentar (8)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Bug / Error Pada Halaman Backup Di Opencart 2.1.0.2"

Bangkoor
19-01-2016 13:57

Blm kesampean nyentuh opencart nih mas

Komentar via web

Balas
Danni Moring
19-01-2016 15:04

lebih ke joomla ya rief ngoprek nya ?

Komentar via web

Balas
Bangkoor
19-01-2016 15:49

Hoho.. sami mawon mas. Joomla juga udah lama nggak nyentuh. Lebih sering wp. Yang banyak dipake ajah. Hihi

Komentar via web

Balas
Danni Moring
19-01-2016 16:15

wp dah lama ga ngotak atik....pengen buat themes wp tp dari dulu blum kesampean.. hahha

Komentar via web

Balas
Bangkoor
19-01-2016 16:23

Bikin atuh mas. Siapa tau dilirik themeforest

Komentar via web

Balas
Danni Moring
19-01-2016 16:29

klo themeforest memang tinggal upload aja rif klo dah ada...ga tahu deh laku atau ga hahaha...niat sih..tp belum ada waktu wkwkkwkw sok sibuk banget

Komentar via web

Balas
Bangkoor
19-01-2016 16:32

Oh gitu? Kirain mereka yang ngerekrut.

Coba atuh mas

Opencart pake themes juga kan ya?

Komentar via web

Balas
Danni Moring
19-01-2016 16:56

register aja rif..cuma klo upload itu di review lagi klo ga salah...klo opencart sempat yang free... sebenarnya pengen buat yang premium, tapi dipikir2 harus maintenance, maksudnya klo misalnya ketemu bug, pasti mereka akan komplain di kolom komentar, klo ga diperhatikan, nanti malah disangka nipu...sementara lagi (sok) sibuk dengan kerjaan...makanya akhirnya milih upload desain kaos aja, karena ga perlu maintenance, cukup desain jadi, terus upload, dan duduk berharap laku kaosnya hehehe

Komentar via web

Balas