Tunggu Sebentar ...

Blog Ini Jadi Tempat Promosi

Ditulis oleh

Blog ini jadi tempat promosi. Ya, beberapa hari ini atau bahkan kedepannya, blog ini akan menjadi tempat promosi desain clothing yang saya upload. Engga ada salahnya toh kalau saya jadikan blog ini sebagai tempat promosi desain sendiri. Walaupun engga melulu seperti itu, tapi ini saya lakukan untuk memudahkan jalan "royalti" dari desain kaos.

Kenapa jalan memudahkan jalan "royalti" ? ya, selain memungkinkan mendatangkan pembeli dari link blog ini, meski peluangnya sangat kecil, tetapi setidaknya kesempatan itu masih ada. Maka, sekecil apapun kesempatan itu, tetap saya jadikan blog ini sebagai tempat promosi desain saya. Perlu diketahui, saya bukan jadikan desainer menjadi profesi saya, tetapi hanya sebagai kesukaan aja. Karena kalau dibilang saya ini "desainer" masih tergolong sangat jauh. Toh saya hanya sekedar aja, tepatnya sesuai selera pribadi saya sendiri, yang kebetulan nekat saya upload di beberapa situs yang menjual clothingan.

Alasan kedua dari memudahkan jalannya mendapatkan "royalti" adalah peluang untuk dilihat link website dari desain yang saya bagikan atau promosikan di blog ini. Dengan adanya pengunjung yang melihat langsung ke situs dimana desain saya berada, maka kemungkinan akan menambah "views" original — maksudnya kunjungan ke situs tersebut bukan hanya saya saja. Ini hanya sekedar analisa dangkal saja sih, yaitu bagi saya bisa jadi dari penambahan "views" akan menambah kuat keyword dari kata kunci yang saya masukkan di link kaos tersebut. Artinya, ketika nanti ada pelanggan lain yang mengunjung situs tersebut lalu melakukan pencarian, yang kebetulan keywordnya sesuai dengan yang saya masukkan, maka peluang untuk mendapatkan halaman depan dari hasil pencarian makin mendekati.

Artinya lagi, kalau dari hasil pencarian seseorang biasanya kebanyakan hanya melihat desain-desain dari halaman-halaman awal saja. Karena setelah itu hampir kebanyakan mungkin sudah malas untuk lihat desain-desain yang letaknya dihalaman belasan. Maka, peluang untuk dibeli akan semakin besar jika desain kita terletak di halaman awal saat orang melakukan pencarian, tetpai ini juga tidak jaminan sekali lagi, tapi setidaknya bisa menambah peluang untuk dibeli. Lagi-lagi ini analisa dangkal aja ya.

Beberapa ada yang saya baca di kolom komentar, bahwa ada yang dia upload di akunnya hanya satu gambar, tetapi royalti yang ia dapatkan bisa banyak. Yup. sekali lagi, jangan pernah menyamakan cara atau hasil orang. Mungkin, untuk desain seperti saya, perlu usaha yang lebih besar lagi. Maka saya perlu posting sana sini. Minimal untuk menarik pengunjung untuk melihat-lihat. Syukur-syukur ada yang membeli. Kedua, dari sisi selera juga mempengaruhi. Karena kebetulan memang pangsa pasar saya itu terbatas, maka sudah hampir peluang untuk dapatkan royalti dari seputar pasar yang saya target saja, Oiya saat saya bilang ada peluang kecil atau peluang besar, bukan berarti saya tidak percaya bahwa rezeki tidak akan tertukar ya, karena takutnya nanti ada yang berkomentar "Rezeki engga ada yang tertukar".

Yup, saya sangat sepakat beribu-ribu kali kalau rezeki yang Allah kasih ke kita sudah dipastikan tidak akan pernah tertukar. Tetapi, pendapat pribadi, apa yang saya lakukan adalah hanya bentuk ikhtiar saya dengan mencari pangsar pasar yang kira-kira sesuai dengan selera desain yang saya buat, tentunya tanpa mengecilkan arti "Rezeki engga akan tertukar".

Kenapa saya menargetkan hanya pasar tertentu? Ya, karena saya tidak bisa desain wow . Jadi saya juga tidak mau memaksakan diri. Boleh dibilang "tahu diri lah". Saya hanya mendesain yang sederhana saja, yang kira-kira orang bisa menerima desain yang sederhana. Dan lagi, saya tidak mau mencomot desain orang yang hits lalu saya upload di akun tempat dimana saya menjual desain saya. Ini banyak sekali yang terjadi saya lihat. Bahkan desain saya yang ga "hits" aja ada beberapa yang dicomot lalu di upload ulang. Ada juga yang dimodifikasi, maksudnya hanya dibedain font-nya, tapi bentuk dan tata letaknya sama persis plek-plek. Ada juga yang si tarik jadi malah terlihat peyang-peyang.

Ya pokoknya, apapun itu, usahakan semaksimal mungkin, meski itu bukan usaha utama, atau hanya dijadikan passive income, tetap usaha harus semaksimal mungkin, tetapi engga "ngoyo". Usaha sudah dilakukan, selanjutnya hasilnya bukan urusan kita lagi, tetapi sudah menjadi urusan Allah Sang Pemberi Rezeki.

Semoga usaha apapun teman-teman berkah, sebisa mungkin tinggalkan yang namanya "bajakan". Begitu juga dengan saya.

Ditumpuk didalam berkas : Berkicau
Yang berkomentar (0)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Blog Ini Jadi Tempat Promosi"


Mau dapat tambahan dollar dengan kemampuan desainmu ? ayo salurkan bakat desainmu dengan mengupload desain yang kamu buat dan bisa menghasilkan pendapatanmu jika desain kamu laku terjual di produk teepublic. Klik disini untuk register. Semoga sukses ya