Tunggu Sebentar ...

Berakit-berakit Lagi Di RB

Ditulis oleh

Ya, setelah "drama" suspend kemarin, dari akun paypal yang kena limit 180 hari sampai akun RB saya yang lama dimatikan. Meskipun engga 100% berakhir "romantis", karena hanya akun paypal saya saja yang kembali setelah disuspend / kena limit 180 hari, tapi setidaknya saya berusaha membuka harapan baru lagi. Yup, harapan itu terkadang kita yang membuat terlebih dahulu, permasalahan hasilnya sesuai harapan atau tidak, tentu bukan ranah kita lagi, tapi sudah ranah Allah sebagai Sang Pemberi Rezeki.

Setelah sekitar dua mingguan saya mengupload desain lagi di akun yang berbeda, tentu tidak serta merta langsung dapat royalti. Walaupun desain yang sama dengan desain yang saya upload di akun yang lama (yang disuspend), namun tidak langsung bisa dapatkan hasilnya. Ini perkara karena peluang untuk dibeli masih harus diperbesar. Ya, tentu rata-rata orang yang membeli berdasarkan pencarian. Baik di mesin pencari ataupun di situsnya. Sebagaimana hasil dari pencarian itu harus bersaing dengan desain-desain lainnya dengan kriteria yang banyak dilihat, dibeli, dll.

Karena hampir semua desain-desain yang saya upload adalah untuk segmen tertentu, yaitu dibidang IT. Tentunya menurut saya akan sulit memang dapat royalti lebih banyak dibandingkan orang lain, ditambah lagi dengan skill desain saya yang seadanya, hanya bermodalkan mainan "font" dan warna, serta sesekali memainkan tata letak "font" nya agar terlihat lebih enak. Setidaknya, lebih enak menurut saya pribadi.

Nah alhamdulillah, kemarin dapat email, ada desain saya yang laku. Meski baru 1 desain, tapi alhamdulillah. Cuma memang ada keanehan menurut saya di akun kali ini. Entah memang system RB nya ada perubahan, atau memang akun saya masih ada sesuatu yang salah sepertinya. Yaitu mengenai informasi berapa banyak orang yang "view" atau melihat. Anehnya, di desain kaos yang laku tersebut justru "view" nya nol. Padahal seharusnya secara logika, orang yang beli tentunya dia sudah pasti melihat terlebih dahulu kan ? (karena pembeli diharuskan lewat situsnya, bukan melalui pesan di medsos, dll)

Gambar diatas adalah menunjukkan ada yang laku, meski masih statusnya "pending". Ini menunjukkan ada peluang untuk saya dapati royalti dari desain saya, meski juga ada peluang juga untuk gagal jika si pembeli membatalkan ordernya.

Untuk lebih detailnya berikut gambar rincian desain mana yang laku :

Sebelum terlalu jauh, saya mau kasih pernyataan terlebih dahulu ya, bahwa saya share ini bukan berarti pamer, atau sok-sok an, padahal masih sedikit yang didapat. Tapi tujuan saya share ini adalah sekedar sebagai share pribadi, yang siapa tahu nanti suatu saat dibutuhkan atau terjawab apa-apa yang belum saya ketahui. Dan juga siapa tahu bisa ada pelajaran dari tulisan ini buat orang-orang yang merasa mengalami hal yang sama.

Oke kembali lagi dari gambar diatas, itu adalah detail transaksi yang bakal menjadi royalti untuk saya. Lalu untuk memastikannya, saya cek desain yang mana yang laku, ternyata desain berikut ini.

Fokus yang dilingkari warna hitam ya, itu terlihat masih nol kan ? bahkan lambang $ pun masih nol. Kalau lambang dollar ini masih bisa saya berpikir, nanti muncul $1 (yang artinya desain yang terjual / sold sebanyak 1 desain) setelah benar-benar dinyatakan royalti sudah sepenuhnya milik saya. Tapi yang membingungkan view nya juga. Ini juga sempat saya tulis di tulisan sebelumnya. Mungkin mereka ada kriteria lain apa itu yang dimaksud view.

Tapi gimana pun, memang perlu usaha lagi untuk gimana cara biar minimal orang-orang melihat dulu, masalah beli itu nanti. Karena saya pakai logika, orang membeli kebanyakan karena search (karena saya tidak menargetkan orang-orang terdekat saya), jadi untuk tampil minimal halaman-halaman depan dari hasil pencarian, tentunya menurut saya bisa dikejar berapa banyak yang melihat desain tersebut. Dengan semakin banyak yang melihat, menurut pribadi saya (lagi), tentu peluang buat orang membeli lebih besar. Jadi intinya, untuk tahap sekarang ini, saya berusaha gimana cara supaya banyak yang melihat tanpa melakukan hal-hal yang dilarang. Syukur-syukur dalam waktu dekat ini dapat royalti lagi.

Tapi bagi yang sudah berkali-kali disuspend di RB, coba buka di teepublic, klik disini untuk mendaftarkan akunnya, siapa tahu jemputan rezekimu ada disana. Tapi ingat, taati aturan mainnya, jika tidak, tentu akan ada konsekuensinya, kadang-kadang, yang mengikuti aturan saja bisa terkena "penalti" tanpa ia ketahui, kadang-kadang juga, orang yang berusaha mengikuti aturan, ternyata ada 1 atau 2 yang dilanggar tanpa ia sadari. Tapi gimana pun, tetap taati aturan main, kalau masih terkena "penalti" juga, ya artinya memang sudah jalannya, tapi tetap terus usaha tanyakan alasannya.

Ditumpuk didalam berkas : Berkicau , Clothing
Yang berkomentar (2)
Setiap komentar yang tampil adalah hasil dari persetujuan Admin

Komentar untuk "Berakit-berakit Lagi Di RB"

player nub
28-09-2018 15:28

saya main 1 gambar poster perbulan $200-400 eh malah PP limit 180hari anjirlah

Komentar via web

Balas
Danni Moring
28-09-2018 15:31

coba diurus aja paypalnya, via email juga bisa

Komentar via web

Balas


Mau dapat tambahan dollar dengan kemampuan desainmu ? ayo salurkan bakat desainmu dengan mengupload desain yang kamu buat dan bisa menghasilkan pendapatanmu jika desain kamu laku terjual di produk teepublic. Klik disini untuk register. Semoga sukses ya